ZONAUTARA.com – Ada yang menarik di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Untuk pertama kalinya e-sports resmi masuk dalam cabang olahraga (cabor) ekshibisi yang dipertandingkan di PON.

Ada tiga e-sport yang akan menjadi cabor eksibisi PON Papua di antaranya, Free fire, eFootball PES 2021, dan Mobile Legends.

Sekjen Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Frengky Ong, mengatakan bahwa tiga game yang dipertandingkan di ekshibisi PON XX Papua 2021 mewakili tiga genre yang cukup populer, yaitu multiplayer online battle arena (MOBA), battle royale, dan sepak bola daring.

Pemilihan game sendiri diklaim sudah melewati proses diskusi dan screening yang panjang dengan mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya adalah kepemilikan perangkat komputer (PC) di pelosok Indonesia.

“Ajang ekshibisi e-sports PON XX Papua 2021 ini terbuka untuk umum bagi gamer Indonesia di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, dan pendaftarannya sudah dibuka sejak 18 Agustus kemarin tanpa dipungut biaya, ” ungkap Frengky.

Adapun game MOBA dan battle royale sendiri akan dipertandingkan secara beregu dan tim pada platform mobile. Sementara itu untuk game sepak bola daring dilakukan secara perorangan dan ganda pada platform konsol.

Pertandingan akan dibagi menjadi tiga babak. Pertama, dimulai dengan babak kualifikasi yang mencakup 34 Provinsi, 514 kota/kabupaten, pada 24 Agustus hingga 5 September 2021. Pada babak ini, akan dicari satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori.

Kemudian, akan ada pra-PON di babak kedua. Hal ini bertujuan untuk mempertemukan 33 atlet dan tim yang menjadi perwakilan provinsi. Mereka nantinya akan dipertemukan secara acak  yang akan dilaksanakan secara daring, pada 7 sampai 14 September 2021 mendatang.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik game free fire, 5 provinsi terbaik game Mobile Legends, dan 5 provinsi terbaik untuk eFootball pes.

“Semua atlet dan tim terbaik itu akan diterbangkan ke Papua untuk mengikuti babak final di main event PON XX Papua 2021. Yaitu pada 22 hingga 26 September 2021. Di babak final mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara di masing-masing game,” ujar Frengky.

Sebagai tambahan informasi, khusus perwakilan provinsi Papua tidak mengikuti Pra-PON karena otomatis lolos ke babak final sebagai tuan rumah. Dalam gelaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini, PBESI bekerja sama dengan masing-masing game publisher.