ZONAUTARA.com — Hidup memang tak selamanya membawa kabar baik. Kadang ia memberi badai yang datang tiba-tiba, kadang menekan, kadang menerbangkan. Bahkan kadang membuat kita merasa berhenti dan tak tahu harus melakukan apa lagi.

Bisa jadi, anda pernah berada dalam situasi tersebut. Penat menerjang, dan anda tak tahu ke mana harus melangkah. Rasanya hidup anda stuck di tempat yang itu-itu saja. Tak perlu khawatir, anda bisa melakukan beberapa hal ini ketika mengalaminya.

1. Nikmati momennya

Tak perlu panik dan bingung hingga membuat anda stres sendiri. Saat anda bingung apa yang harus anda lakukan, langkah pertama adalah, tenangkan diri dan nikmati momen tersebut. Jangan gegabah untuk mengambil langkah segera. Karena, bisa jadi langkah yang anda buat hanya rencana sesaat yang tak matang.

Ingatlah bahwa anda tidak sendiri ketika mengalami hal ini. Ada banyak orang yang sama seperti anda, stuck dengan hidupnya.

2. Lakukan Self-talk

Self-talk berarti berbicara dengan diri sendiri. Iya, bicaralah dengan diri sendiri. Tenangkan dirimu dengan cara demikian. Semangati dirimu dengan kata-kata yang menenangkan.

“Tidak apa-apa, kamu sudah keren bisa melangkah sejauh ini.”

“Mungkin waktu itu aku melakukan kesalahan, namun, aku tak akan mengulanginya di kemudian hari.”

“Bangkitlah dan tegakkan pundakmu untuk kembali melangkah ke arah yang lebih baik.”

Ucapkan kata-kata itu kepada diri sendiri. Jangan malah banyak menyalahkan diri sendiri ketika melakukan self-talk. Yang ada anda malah merasa pusing dan tertekan.

3. Identifikasi penyebabnya

Ketika anda mulai tenang, anda bisa mengidentifikasi penyebab anda merasa stuck. Kebanyakan orang akan melakukan hal yang sama dan berulang-ulang. Jangan sampai anda melakukannya juga.

Apakah itu lingkungan pekerjaan yang membuat anda tak nyaman, atau teman yang menyebalkan. Identifikasi penyebab anda merasa stuck agar anda bisa merencanakan solusi yang tepat.

Ingat bahwa semuanya berawal dari identifikasi dan definisi. Jika anda tak pernah melakukannya, maka anda juga tak akan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

4. Temukan cara untuk maju

Setelah anda mengidentifikasi penyebab anda merasa stuck dengan melihat ke belakang, maka temukan cara untuk maju dengan tepat. Temukan cara untuk bangkit yang tentu relevan dengan masalah yang anda hadapi.

5. Atur ulang waktu produktifmu

Jika semua sudah tersusun, dari masalah hingga penyelesaiannya, anda tinggal mengeksekusi apa yang sudah anda rencanakan dengan matang. Dari sini, anda sudah bisa membayangkan apa yang akan anda lakukan selanjutnya, bukan?

Ingatlah bahwa semuanya akan baik-baik saja. Anda boleh merasa tidak baik, namun semua akan terlewati pada waktunya.