ZONAUTARA.COM — Setiap manusia memiliki reaksi perasaannya masing-masing saat menghadapi sesuatu. Semua perasaan tersebut merupakan perasaan yang valid. Tidak ada yang salah. Namun, beberapa orang memilih untuk mengolah dan mengabaikan emosi negatif yang ada dalam dirinya agar tidak membuat kekacauan yang lebih besar.

Beberapa orang mungkin sudah melakukan hal-hal yang dapat mengalihkannya dari mengekspresikan emosi negatif, seperti makan makanan yang kita suka, atau minum minuman favorit.

Tidak masalah untuk mendistraksi perasaan itu selagi rutinitas tersebut dapat membuat anda sehat secara emosional dan memberi perspektif yang lebih baik tentang apa yang anda alami.

Bagaimanapun, andalah yang paling paham perasaan anda sendiri dan bagaimana mengolahnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar emosi yang kuat tak menjadi masalah yang lebih besar.

1. Rasakan emosi tersebut

Beberapa orang mengumpulkan emosi ke dalam satu hal karena untuk menghindari emosi yang lain. Anda bisa melakukannya dengan mengalihkan beberapa emosi yang tak dominan ke emosi yang lebih dominan. Namun, jangan sampai sikap yang anda ambil dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk menghindari emosi dan stres. Terkadang, ketika kita cemas dalam melakukan sesuatu, tidur benar-benar bekerja, dan dapat mengalihkan emosi anda. Ketika bangun, anda sudah dalam keadaan yang dapat lebih berpikir jernih.

Namun ingat, tidur berlebihan pun tentu tidak baik. Tidurlah sewajarnya. Cara ini, untuk orang-orang tertentu terbukti berhasil.

3. Lakukan hal-hal kreatif

Saat kita memusingkan satu hal, biasanya kita akan menunda hal tersebut dan melakukan hal lain yang lebih menyenangkan bukan? Ini bisa jadi menjadi salah satu cara anda untuk mengalihkan stres anda.

Lakukan hal-hal kreatif yang anda suka, dan tunda sementara pekerjaan yang membuat anda pusing. Setelah kepala anda segar, maka kembalilah menyelesaikan tugas utama dengan kepala dingin dan emosi yang mereda.

4. Melakukan nostalgia

Nostalgia dengan melihat beberapa tontonan lawas di televisi bisa membuat anda keluar dari emosi yang sedang anda alami saat ini. Meski melakukannya tak membawa perubahan pada anda di masa kini, namun anda bisa meredam emosi lewat hal itu.

5. Cari hiburan menyenangkan

Berjalan-jalan, mendengarkan musik, atau podcast, bisa mengurangi rasa gelisah anda. Cobalah, siapa tahu melakukannya dapat membuat kepala anda mendingin.

6. Membantu orang lain

Membantu orang lain dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati anda yang sedang tidak baik. Namun, jangan sampai anda melupakan masalah utama yang akan anda selesaikan.

Ingatlah bahwa anda selalu belajar dan berkembang, makin banyak hal yang merecoki pikiran anda, makin kuat pula anda dalam menghadapinya.