ZONAUTARA.com — Hidup memang selalu berjalan ke depan. Namun, segala keputusan yang anda lakukan sekarang adalah hasil dari keputusan-keputusan lain di masa lalu. Dan untuk melakukan perbaikan, tak ada jalan lain selain melihat ke belakang dan merangkainya untuk menjadi hal yang baik di masa kini.

Manusia yang telah hidup sebelum kita, juga pasti telah mengalami banyak hal di masa lalu. Pelajaran tak hanya bisa diambil dari hal-hal yang sudah pernah kita lakukan. Namun, bisa juga dari orang lain yang sudah lebih dulu melakukannya. Untuk membentuk hidup lebih baik di masa kini, rangkailah rencanamu bermodalkan masa lalu.

1. Minta dukungan dari orang yang lebih berpengalaman

Ketika anda memutuskan sesuatu, jangan hanya meminta dukungan dan masukkan dari orang terdekat dan orang yang menyayangi anda. Mungkin mereka memang menginginkan yang terbaik, tapi bisa jadi mereka tak pernah menempuh jalan yang serupa dengan yang anda pilih.

Maka dari itu, mintalah pula dukungan dari orang dengan pengalaman serupa. Misalnya, anda akan memutuskan untuk mengambil beasiswa ke luar negeri, maka mintalah dukungan dan masukan dari alumni penerima beasiswa dari luar negeri. Hal itu akan lebih membantu anda untuk belajar dari pengalaman orang lain di masa lalu.

2. Utamakan intuisi anda

Saat mengambil keputusan, utamakanlah apa yang anda pikirkan dan keputusan yang ada di pikiran anda. Namun, perlu diingat bahwa, keputusan pasti lahir dari berbagai pertimbangan. Maka dari itu, lakukan survey dan perluas pengetahuan sebelum mengambil keputusan.

Orang lain mungkin akan memberi anda input dari pengalamannya, namun, keputusan akhir ada di tangan anda. Percayalah pada intuisi anda. Ketika keputusan sudah berada di tangan, berusahalah dengan optimal dan terimalah risiko apapun.

3. Lakukan sesuatu karena kesenangan dan kebutuhan, tanpa mengharapkan imbalan

Keputusan yang anda tentukan pasti memiliki tujuan-tujuan tertentu bukan? Yang paling utama, lakukan hal itu untuk diri anda sendiri, karena anda senang melakukannya. Tak perlu mengharapkan imbalan atau pujian dari orang lain yang tak bisa anda kontrol.

4. Fokus pada pengembangan skill anda

Masa lalu bisa membuat anda menentukan pilihan untuk masa kini. Masa depan pun tetap bisa anda rencanakan dengan memaksimalkan apa yang ada saat ini. Maka dari itu, jika anda sudah merasa berhasil menata masa kini bermodalkan masa lalu, tetap terus maju untuk menata masa kini sebagai modal kesuksesan di masa depan. Tetap tingkatkan dan kembangkan skill anda agar mencapai jalan yang lebih cemerlang.