ZONAUTARA.COM — Sosial media memang merupakan media untuk berekspresi dan melakukan apa saja. Namun, tentu ekspresi yang kita unggah di sosial media tidak bisa sembarangan, dan harus dipikirkan secara matang.

Apalagi, jika media sosial anda memiliki pengikut yang banyak. Satu postingan anda bisa mempengaruhi atau membuat pengikut anda memberi berbagai macam respon. Untuk itu, sebelum memposting, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pikirkan konten dengan baik-baik, jangan posting dalam keadaan emosi

Saat kita berada dalam keadaan emosi, kita akan cenderung melakukan hal-hal secara impulsive tanpa pemikiran yang panjang. Tak hanya di dunia nyata, hal ini juga biasa terjadi di dunia maya. Hal-hal yang dilakukan dengan emosi hanya akan melegakan secara sementara, namun tak berdampak baik dalam jangka panjang karena tak mengandalkan logika.

Jangan memposting dalam keadaan emosi. Dinginkan kepala terlebih dahulu, kemudian kembali melakukan interaksi di media sosial.

Pikirkan baik-baik dan matang, karena jejak digital bisa dilacak. Sekali anda memposting sesuatu yang tak baik, bisa jadi seseorang telah mendokumentasikannya dan hal itu akan menjadi rekam jejak digital anda.

2. Pikirkan kemungkinan respon orang lain terhadap postingan anda

Sebelum memposting sesuatu, pikirkan baik-baik kemungkinan respon orang lain terhadap postingan anda. Terlebih, jika anda memiliki banyak pengikut dengan banyak kepala. Siapkan amunisi argumen yang lebih kuat jika anda menemui beberapa sanggahan.

Memikirkan kemungkinan respon orang lain juga akan membuat kita berpikir dua kali, apakah respon baik akan lebih banyak daripada respon buruknya. Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk mempostingnya.

3. Ingat bahwa anda tidak bisa mengontrol komentar orang lain

Meski anda sudah memikirkan kemungkinan respon orang lain dan bagaimana argumen lanjutannya, tapi tetap pikirkan bahwa anda tak bisa mengontrol komentar orang lain.

Maka dari itu, memikirkan matang-matang konten yang akan diunggah sangatlah penting. Postingan kita akan menjangkau berbagai macam kepala, dengan berbagai macam ide dan cara meresponnya.

4. Jangan posting sesuatu yang belum tentu benar, jika bukan merupakan pertanyaan

Jangan melenggangkan beredarnya hoaks atau berita bohong di internet, terlebih di media sosial. Jika bisa, seharusnya anda yang turut membasmi adanya berita bohong. Untuk mengawalinya, jangan posting sesuatu yang berhubungan dengan berita atau informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya.

5. Terbukalah pada masukkan

Jangan pernah menutup diri pada masukan. Tanamkan bahwa pendapat anda bisa saja memiliki lubang dan kekurangan yang kemudian bisa ditambal dengan argumen orang lain. Maka dari itu, terbukalah dengan masukan, kritik, dan koreksi, agar postingan anda juga membangun untuk satu sama lainnya.