ZONAUTARA.COM — Tim basket Sulut mendapat apresiasi dari Robby Lumi, selaku Ketua Kontingen. Dirinya mengaku puas dengan hasil yang diraih oleh Tim Sulut di Laga Perdana Basket 5×5 Putra melawan Bangka Belitung (Babel), pada PON XX Papua yang digelar di Mimika Sport Compleks (MSC) SP 2 Timika, Papua, Rabu (29/09/2021).

Sangat memuaskan,” kata Robby Lumi, melalui pesan Whatsapp.

Tim Sulut berhasil unggul satu poin dari Babel, yakni 92-91, pada laga perdana, di babak penambahan waktu 5 menit.

Intinya kata Robby, atlit Sulut bermain dengan maksimal, hanya saja faktor keberuntungan di kuarter Empat yang membuat Tim Babel bisa mengimbangi tim Sulut.

“Tapi secara keseluruhan dari pertandingan ini dari segi taktik, teknik, dan fisik, Sulut masih menguasai, yang akhirnya bisa memenangkan pertandingan duel awal ini. Dan semuanya juga karena Berkat dari Tuhan,” kata Robby

Pada kuarter pertama pertandingan, Victor dan kawan-kawan berhasil unggul tujuh poin dari Babel, 17-10. Memasuki kuarter kedua, Babel yang berusaha bangkit berusaha menembus pertahanan Sulut, namun, sulit untuk ditembus dengan mudah dan menyisihkan point Babel 46-22.

Kuarter ketiga, pertandingan semakin memanas. Sulut terus memimpin, 63-52. Support dari para pendukung masing-masing tim, membuat suasana MSC bergemuruh.

Pertarungan yang sengit membawa Babel, melalui Antoni Erga Cs, berhasil menyamakan kedudukan 77-77, pada kuarter keempat.

Di babak penambahan waktu 5 menit, Sulut dan Babel terus menyamakan kedudukan, hingga akhirnya pertandingan perdana berhasil ditutup, Sulut unggul satu poin dari Babel, dengan angka 92-91.

Fernando Fansco Manangsang, menjadi pencetak poin terbanyak untuk Sulut, yakni 28 poin. Kemudian disusul Tangkulung dan Tandayu yang sama-sama mencetak 11 poin.

Sementara, dari tim Babel, pencetak poin terbanyak adalah sang kapten, Erga, sebanyak 24 poin, disusul Khiando 23 poin, dan Falentino 15 poin.

Sulut akan kembali bertemu dengan Jawa Timur (Jatim) esok hari, Kamis (30/09/2021). Di hari yang sama, Babel akan melawan Bali.