bar-merah

Vanda Lontaan, satu-satunya wasit Bulu Tangkis perempuan di PON XX Papua

Vanda Lontaan, wasit bulutangkis perempuan asal Sulut, di PON XX Papua.

ZONAUTARA.com — Dari 17 wasit nasional cabang olahraga (cabor) Bulu Tangkis, yang diutus di PON XX Papua 2021, Vanda Lontaan (48), dari Sulawesi Utara (Sulut), menjadi satu-satunya wasit perempuan.

Vanda, yang adalah guru di SDN 16 Manado ini diutus oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulut atas permintaaan PBSI Pusat.

Menurutnya, Sulut mendapat jatah wasit pada cabor bulu tangkis di PON XX Papua, setelah pemain bulu tangkis putra Sulut, lolos pada Pra PON. 

“Terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, lebih khusus Pengurus PBSI Sulut yang menugaskan saya menjadi wasit pada cabor bulu tangkis di PON XX Papua,” kata Vanda, Kamis (07/10/2021)

Vanda paham betul tugasnya sebagai wasit. Dirinya harus benar-benar fokus saat pertandingan, dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Sebab, seorang wasit dalam mengambil keputusan ketika bertugasnya di lapangan, tidak boleh keliru harus sesuai dengan fakta yang terjadi pada pertandingan,” jelasnya. 

Vanda Lontaan, telah berpengalaman di dunia perwasitan. Dia pernah bertugas sebagai wasit hakim garis pada turnamen bulu tangkis Uber Cup dan Thomas Cup, 2018 di Jakarta.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com