bar-merah

Kisah 5 fotografer Ukraina mengabadikan situasi perang

perang
Seorang wanita tua bersembunyi di bawah selimut setelah dia dievakuasi dari Irpin pada 8 Maret. (Julia Kochetova)

Evgeniy Maloletka

Evgeniy Maloletka mulai mendokumentasikan bukti kejahatan Rusia terhadap Ukraina delapan tahun lalu ketika pasukan Putin mencaplok Krimea.

Pria berusia 35 tahun, yang berasal dari kota tenggara Berdyansk, termasuk di antara sedikit jurnalis yang meliput di Mariupol saat perang meningkat.

Para pejabat mengatakan invasi Rusia telah menyebabkan lebih dari 5.000 kematian warga sipil di kota yang terkepung itu.

Maloletka mengatakan dia dihantui oleh fakta bagaimana kota yang berkembang seperti itu telah rata dengan tanah. Dia sedih melihat bagaimana penduduk dipaksa untuk menjalani kehidupan agar bisa bertahan hidup.

Bekerja menjadi berbahaya dan Maloletka menghadapi serangan di tempat kerja. “Mereka menembaki kami dengan… semua jenis senjata,” katanya.

Ekor rudal menghujam tanah di daerah perumahan di Yahidne, dekat Dnipro pada 12 April. (Evgeniy Maloletka—AP)

Foto paling kuat yang menurut Maloletka telah dibuat adalah yang mendokumentasikan bagaimana pasukan Rusia membunuh orang dewasa dan anak-anak Ukraina.

“Ini melampaui kata-kata. Bagaimana mungkin saya tidak menunjukkan ini kepada dunia?”

Menjadi orang Ukraina saat ini sungguh rumit. “Kami semua orang Ukraina mengalami perasaan cemas dan bangga terhadap negara kami,” katanya.

Baca kisa Serhii Korvoainyi di halaman selanjutnya



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com