bar-merah

9 perbedaan utama antara ChatGPT dan Bing AI

ChatGPT
Ilustrasi ChatGPT (Unsplash.com/Emiliano Vittoriosi)

ZONAUTARA.com – Perkembangan teknologi artificial intelligence melaju dengan sangat pesat. Pertumbuhannya dalam setahun terakhir berkembang secara eksponensial dengan lahirnya berbagai aplikasi bersis kecerdasan buatan. Salah satu yang menjadi fenomenal adalah ChatGPT.

ChatGPT besutan OpenAI ini bahkan disebut-sebut akan merevolusi cara orang mencari sesuatu di internet. Kehadiran ChatGPT secara langsung juga menjadi ancaman Google Search sebagai mesin pencari utama di internet selama ini.

Microsfot yang menanam investasi di OpenAI juga telah mengintegrasikan layanan mereka yakni Bing dengan teknologi ChatGPT. Kini pengguna mesin pencari Microsoft Bing dapat menikmati kecanggihan ChatGPT.

Meski kemampuan chatbot ChatGPT ditanamkan pada mesin Bing, tetapi terdapat beberapa perbedaan mendasar antara chatbot ChatGPT dan Bing AI berbasis ChatGPT. Artikel ini mengulas setidaknya sembilan perbedaan tersebut.

1. Tujuan

Meskipun ChatGPT dan Bing AI menggunakan model bahasa generative pre-trained transformer (GPT), keduanya merupakan platform yang berbeda. ChatGPT adalah chatbot serbaguna yang memiliki sumber daya yang luas. Namun perlu diingat bahwa ChatGPT mempunyai kemampuan terbatas pada data yang diterimanya atau data yang mendasari pelatihannya. Data itu termasuk jurnal akademik, situs web bisnis, publikasi, dan Wikipedia.

Sementara itu, chatbot versi Bing pada dasarnya adalah mesin pencari bertenaga AI. Platform ini memiliki pengindeksan dan pemindaian yang lebih canggih, ditambah fitur obrolan AI terintegrasi. Fitur ini bertindak sebagai mesin pencari dan chatbot sekaligus.

Terlepas dari perbedaan ini, ChatGPT dan Bing menjalankan fungsi serupa. Dengan memberi petunjuk yang benar, kedua aplikasi ini bisa menulis esai, menjawab pertanyaan pengetahuan umum, merekap buku, dan meneliti argumen, serta tugas-tugas lainnya. 

2. Bahasa percakapan

ChatGPT dan Bing keduanya menggunakan model GPT. Ini adalah sebuah sistem pemrosesan bahasa alami (NLP) canggih yang merespons permintaan pengguna melalui teks. NLP menjawab pertanyaan tindak lanjut, menganalisis masalah, dan memberikan pernyataan non-faktual.

Baik ChatGPT dan Bing AI dapat melakukan percakapan. Namun saat anda menjelajahi alat ini, anda akan melihat bahwa yang terakhir memiliki model yang sedikit lebih canggih–responsnya terdengar alami.

Perhatikan percakapan di bawah ini dari ChatGPT sebagai contoh. Model bahasanya, GPT-3.5, menghasilkan pernyataan yang benar secara tata bahasa dan faktual, namun terlihat kaku dan canggung.

Memiliki Percakapan Santai dan Normal Dengan ChatGPT

Sementara itu, Bing AI yang menggunakan GPT-4 , sebuah iterasi dari model bahasa ChatGPT, uutputnya terdengar lebih santai dan original.

Menghasilkan Tanggapan Kreatif dari Microsoft Bing AI

Saat ini, anda hanya dapat mengakses GPT-4 di ChatGPT dengan meningkatkan ke akun premium.

3. Akurasi data

ChatGPT memiliki penafian eksplisit tentang ketidakakuratan data. Platform terkadang menghasilkan informasi yang salah karena hanya membawa pengetahuan terbatas tentang peristiwa setelah 2021. Bahkan tidak mengetahui tanggal rilisnya sendiri.

Menanyakan ChatGPT Tentang Tanggal Peluncurannya

Sedangkan model bahasa canggih Bing AI dan mesin pencari terintegrasi menghasilkan data yang lebih andal dan akurat. Tidak seperti ChatGPT, Microsoft tidak melatih Bing pada kumpulan data terbatas. Alih-alih, ia menggunakan mesin telusurnya untuk menarik informasi relevan yang tepat waktu tentang peristiwa dunia dan pertanyaan pengetahuan umum.

Menanyakan Bing AI Tentang Peluncuran ChatGPT

Perlu juga dicatat bahwa Bing AI mengutip sumber. Tidak ada platform yang menjamin akurasi 100%, tetapi mengetahui sumber daya mana yang harus diperiksa ulang akan merampingkan pemeriksaan fakta.

4. Presisi matematika

ChatGPT dan Bing AI memahami matematika. Bot dapat menganalisis persamaan, melakukan komputasi berdasarkan kumpulan datanya, dan menghasilkan keluaran melalui model bahasanya. Kedua alat juga dapat memecahkan aritmatika dasar. Perbedaan hanya muncul setelah anda menjelajahi cabang matematika lanjutan, seperti statistik, fisika, dan probabilitas.

Tentu saja anda tidak dapat mengharapkan hasil yang 100% akurat. Tetapi kumpulan data Bing menunjukkan presisi dan pemahaman yang lebih tinggi daripada ChatGPT.

Misalnya, ChatGPT salah menjawab pertanyaan probabilitas sederhana.

ChatGPT Menjawab Pertanyaan Probabilitas

Sementara itu, Bing AI melakukannya dengan benar.

Bing AI Menjawab Pertanyaan Probabilitas

5. Tindakan keamanan

Penjahat dunia maya segera mulai menyalahgunakan ChatGPT. Akibatnya, beberapa orang melihat ChatGPT sebagai ancaman keamanan dunia maya yang memungkinkan penjahat menulis email spam, mengembangkan malware, dan membuat tautan phishing.

OpenAI mengakui masalah ini. Perusahaan mengungkapkan bahwa ChatGPT mungkin menghasilkan konten yang bias atau berbahaya, meskipun pengembang terus berupaya menjaga keamanan.

Mengesampingkan Batas ChatGPT Melalui Penggambaran Karakter

Bot Bing AI menghadapi risiko keamanan siber yang serupa. Bing mencoba memerangi hal ini dengan menerapkan batasan yang lebih ketat, mengurangi kerentanan platform terhadap jailbreaking. Percakapan akan dihentikan jika anda menyebutkan sesuatu yang tidak biasa.

Bing AI Mengakhiri Percakapan demi Keamanan

6. Aksesibilitas

ChatGPT memiliki aksesibilitas terbatas karena tidak memiliki aplikasi seluler atau desktop, jadi pengguna harus selalu mengunjungi situs webnya.

Alternatifnya, Bing AI menawarkan aksesibilitas lintas platform. Fitur obrolannya tersedia di Bing , Microsoft Edge, aplikasi seluler Bing, dan bahkan Skype. Cukup tambahkan Bing ke obrolan grup Skype untuk bantuan AI.

Mungkin satu-satunya batasan Bing AI adalah anda tidak dapat menjalankannya di browser pihak ketiga, seperti Mozilla Firefox, Safari, dan Google Chrome. Anda harus mengunduh Microsoft Edge. Meskipun tampak sepele, anda mungkin merasa tidak nyaman jika Edge bukan browser default anda.

7. Proses Pendaftaran

Mendaftar untuk ChatGPT sangat sederhana. Cukup buat akun OpenAI, daftar ke ChatGPT, dan tunggu konfirmasi. Kebanyakan orang mendapatkan akses sacara instan.

Sebaliknya, mendaftar di Bing AI membutuhkan waktu lebih lama. Pengguna pertama menghabiskan waktu berminggu-minggu dalam daftar tunggu sebelum disetujui, terutama yang berada di luar AS

Bing AI Selamat Datang Setelah Disetujui

Untungnya, Microsoft kini mempercepat proses daftar tunggu. Pengguna akan mendapatkan akses instan setelah membuat akun email dan mengunduh Microsoft Edge.

8. Fungsionalitas

Bot AI Bing memiliki model bahasa yang lebih canggih dan kumpulan data yang lebih luas, meningkatkan fungsinya dibandingkan ChatGPT. Ia bahkan menggunakan mesin pencarinya sebelum merespons. Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan tanggapan yang lebih akurat, andal, dan informasi terkini.

Sayangnya, langkah-langkah keamanan ketat Bing menghambat keserbagunaan. Percakapan otomatis berakhir setelah Anda melanggar pedoman, dan anda harus memulai topik baru setiap 15 pesan.

Jika Anda ingin kontrol lebih, coba ChatGPT yang memiliki kumpulan data terbatas dan hanya berjalan di GPT-3.5. Tetapi anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik di ChatGPT dengan membuat permintaan kreatif .

Perlu diingat bahwa kualitas tanggapan mesin AI ini bergantung pada permintaan anda. 

9. Biaya

Harga ChatGPT Plus $20 Per Bulan

ChatGPT adalah chatbot multiguna yang kuat dan gratis. Pengguna dapat menjalankan banyak tugas dengan model bahasa GPT-3.5. Namun jika anda membutuhkan asisten AI yang lebih canggih, OpenAI menawarkan ChatGPT Plus seharga $20 per bulan.

ChatGPT Plus premium berjalan pada GPT-4, memberikan akses prioritas, dan merespons lebih cepat. ChatGPT Plus awalnya terbatas untuk pengguna AS, tetapi pengembang mulai memberikan akses ke luar negeri mulai Februari 2023.

Meski terjangkau, biaya berlangganan adalah pengeluaran yang tidak perlu. Alih-alih kehilangan $240 per tahun di ChatGPT Plus, cobalah jelajahi Bing AI terlebih dahulu. Platform ini sudah berjalan di atas mesin GPT-4, dan karena Microsoft berencana untuk memonetisasi Bing melalui iklan , platform tersebut kemungkinan besar akan tetap gratis.

Jadi mana yang akan digunakan ChatGPT atau Bing AI?

Baca kembali poin-poin di atas untuk membuat penilaian, tetapi perhatikan bahwa poin-poin tersebut dapat berubah dengan cepat. Teknologi AI terus berkembang. ChatGPT dan Bing AI menawarkan fitur dinamis yang akan berubah seiring dengan matangnya teknologi NLP mereka. Pilihan ada di tangan anda.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com