Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Pasifik Selatan, Tidak Ada Laporan Kerusakan

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU




Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa magnitudo 7,7 mengguncang kawasan selatan Pasifik hari Jumat (19/5). Gempa ini memicu peringatan tsunami yang kemudian dicabut untuk kawasan kepulauan Loyalty di Kaledonia Baru dan Vanuatu.

USGS mengatakan gempa itu terjadi pukul 2.57 Universal Time (pukul 6.57 WIB) 334 kilometer sebelah timur kota Vao di Kaledona Baru, atau 436 kilometer sebelah barat daya Vanuatu. Gempa kuat lainnya, magnitude 5,9, tercatat di daerah yang sama sekitar 10 menit kemudian.

Zona gempa berada d sebelah barat daya Fiji, sebelah utara Selandia Baru dan sebelah timur Australia, di mana Laut Coral bertemu dengan Samudra Pasifik.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami untuk kawasan itu dengan kemungkinan gelombang merusak setinggi hingga satu meter. Peringatan ini kemudian dicabut.

Kantor Penanggulangan Bencana Nasional Vanuatu mengeluarkan pesan saran tsunami, dan warga dianjurkan agar mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Kantor berita Prancis AFP mengunggah video mengenai warga di ibu kota Kaledonia Baru, Nouma, di lereng bukit sambil mengamati perkembangan.

Beberapa daerah di Vanuatu melaporkan gelombang sekitar setengah meter di atas level gelombang pasang normal. [uh/lt]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com