bar-merah

Lomba Monuntul Ramadan di Kotamobagu: wisata budaya dan kreativitas

monuntul
Ilustrasi lomba monuntul, (Foto: Ronny Buol).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot) mengajak masyarakat kelurahan dan desa untuk meriahkan festival Monuntul di Bulan Suci Ramadan.

Kabag Pariwisata, Sitti Wahyuni Paputungan, mengungkapkan bahwa lomba monuntul ini menawarkan total hadiah sebesar Rp. 87 juta, yang disiapkan oleh Pemkot melalui Disbudpar.

Pendaftaran lomba telah dibuka sejak 29 Februari, dengan batas pendaftaran hingga 9 Maret dan tanpa biaya pendaftaran.

Lomba yang akan diadakan selama Bulan Suci Ramadan melibatkan beberapa kategori, seperti Lomba Posko Ramadan, Lomba Camp Ramadan, dan Lomba Monuntul.

Menurut Paputungan, penilaian lomba akan mengikuti pedoman yang telah disampaikan dalam technical meeting.

“Posko Ramadan dinilai berdasarkan keindahan dan estetika, serta kegiatan keagamaan yang dilaksanakan. Untuk Lomba Camp, penilaian melibatkan aspek kuliner khas Kotamobagu dan keunikan masing-masing camp,” jelasnya.

Paputungan juga menjelaskan bahwa dalam Lomba Monuntul, peserta yang menggunakan lampu botol akan dinilai, namun penggunaan lampu hias juga diperbolehkan untuk menambah keindahan suasana.

Meskipun demikian, penilaian tetap berfokus pada inovasi monuntul, termasuk penggunaan bahan bakar selain minyak tanah.

Harapannya, melalui Lomba Monuntul, masyarakat dapat aktif berpartisipasi dalam mempromosikan budaya daerah Kotamobagu. Ini diharapkan tidak hanya dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com