bar-merah

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Sitaro seleksi Dua Panwascam yang belum terisi

Suasana seleksi tes wawancara di ruang rapat kantor Bawaslu Sitaro. (Foto: Humas Bawaslu Sitaro)

SITARO, ZONAUTARA.com – Usai menggelar tes tertulis seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melaksanakan tes wawancara, khusus dua kecamatan di Pulau Siau.

Seleksi wawancara penerimaan Panwascam Siau Tengah dan Siau Timur Selatan dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bawaslu Sitaro, Senin, 20 Mei 2024.

Tes ini dipimpin langsung, Ketua Bawaslu Sitaro, Henrolds Tatengkeng didampingi dua pimpinan lainnya, Jel Abtur Naleng dan Ritsha Makanoneng.

Sesuai data Sekretariat Bawaslu, untuk Kecamatan Siau Tengah lolos tes tertulis dua orang dengan kuota dibuka hanya satu orang. Sedangkan untuk Siau Timur Selatan lolos tes tertulis tiga orang dan kuota penerimaan hanya dua orang.

Suasana seleksi tes wawancara di ruang rapat kantor Bawaslu Sitaro. (Foto: Humas Bawaslu Sitaro)

Kabupaten Kepulauan Sitaro diketahui memiliki sepuluh kecamatan, dimana tiap kecamatan di isi tiga orang Panwascam. Sebelumnya untuk mengisi semua anggota, Bawaslu Sitaro melaksanakan evaluasi kinerja anggota Panwascam yang bertugas di Pemilu 2024 lalu, yang kinerjanya baik dipertahankan sementara beberapa anggota di evaluasi.

“Termasuk Kecamatan Siau Tengah dan Siau Timur Selatan, jadi kami membuka kembali bagi masyarakat umum. Saat ini yang lolos tes tertulis ada lima orang, dua pelamar untuk Siau Tengah dan tiga untuk Siau Timur Selatan,” kata Henrolds.

Henrolds menyampaikan, seleksi anggota Panwascam akan segera di umumkan, targetnya di akhir Mei 2024 sudah dilantik.

“Rencananya pelantikan itu di 24 dan 25 Mei, jadi tidak lama,” ungkap Henrolds.

Pimpinan Bawaslu lainnya, Jel Abtur Naleng berharap siapa saja yang terpilih sebagai anggota Panwascam akan bekerja dengan baik dan tentunya mengacu pada aturan Bawaslu.

Menurut Jel, menjadi seorang penyelenggara khususnya pengawas memiliki banyak tantangan di lapangan, karena itu ia menekankan kepada profesionalitas kerja.

“Jangan sampai yang direkrut justru mengecewakan dalam penindakan jangan tebang pilih, karena itu harus paham cara kerja tidak hanya mengejar honor dan operasional,” jelasnya.

Senada Ritsha, mengimbau kepada anggota Panwasacam yang nantinya baru bergabung bisa segera menyesuaikan dengan anggota panwascam lainnya.

Ritsha juga meminta supaya Panwascam yang lebih dahulu direkrut menerima tanggung jawab dan terus berbenah, jangan sampai yang berpengalaman justru kinerja menurun karena sikap tidak profesional.

“Baik yang baru maupun yang lebih dulu terpilih semua saling komunikasi, yang baru belum tentu tidak tahu dan yang lama belum tentu menguasai, sehingga harus saling melengkapi sebagai tim untuk mengawal Pilkada kedepan,” harap dia.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com