bar-merah

Tingkatkan Produksi Pertanian, Wali Kota Tomohon Serahkan Bantuan dan Soroti Dampak Perubahan Iklim

Foto: Kominfo Tomohon

TOMOHON, ZONAUTARA.COM – Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH menghadiri kegiatan Sosialisasi Jaringan Irigasi Pertanian dan menyerahkan Bantuan Pemerintah Kota Tomohon secara langsung. Acara ini berlangsung di Syaloom Convention Center Tumtangtang dan dilanjutkan di Persawahan jalan Kayawu Tara-tara pada Senin (22/7/2024).

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon menyampaikan keprihatinan atas dampak perubahan iklim yang tidak terduga, yang dapat menyebabkan perubahan musim yang ekstrem dan berdampak pada krisis pangan global.

“Pemerintah Kota Tomohon terus mengambil langkah strategis untuk mengamankan stok pangan nasional melalui Program Peningkatan Perluasan Areal Tanam (PAT),” ujarnya.

Menurutnya Pemkot Tomohon akan terus berkomitmen untuk meningkatkan produksi pertanian dengan mendukung pembangunan infrastruktur irigasi perpompaan besar dan penyaluran alat dan mesin pertanian kepada petani.

ZONAUTARA.com
Foto: Kominfo Tomohon

Bantuan irigasi perpompaan telah disalurkan kepada 4 Kelompok Tani di Kota Tomohon, yaitu Kelompok Tani Esa Genang Kel. Kayawu, Kelompok Tani Meras Kel. Tara Tara Dua, Kelompok Tani Spongkor Kelurahan Woloan Satu, dan Kelompok Tani Esa Genang Kel. Tondangow. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pasokan air yang cukup untuk mendukung pertanian produktif.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya keterpaduan antara Pemerintah Kota dan TNI melalui Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD), yang bertujuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Wali Kota juga menyoroti pentingnya alat dan mesin pertanian yang telah diserahkan, termasuk 5 unit Traktor Roda Empat, 4 unit Hand Traktor, dan 4 unit Mesin Pompa Air, yang akan dikelola oleh Brigade Alsintan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

“Petani dapat mengajukan permohonan penggunaan alat dan mesin ini melalui Dinas terkait untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian,” tambahnya.

Selain itu, bantuan tambahan berupa 20 Mesin Paras, 31 Handsprayer, dan 20 unit Pompa Air juga akan didistribusikan kepada kelompok tani di Kota Tomohon, sebagai bentuk dukungan langsung untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johnny Runtuwene, DEA, serta Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Dr. Karel F. Lala, SP, M.Si., beserta jajaran Dinas terkait dan para petani dari berbagai wilayah Kota Tomohon.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com