bar-merah

Mama Yaki Berpakaian Kabasaran

BITUNG, ZONAUTARA.com – Duta Yaki Khouni Lomban Rawung yang merupakan istri Walikota Bitung Maxmilian Lomban tampil sebagai salah satu pembicara dalam Talkshow Pemulihan Ekosistem dan Pemulihan Hidupan Liar di panggung utama Jambore Nasional Konservasi Alam HKAN 2018, Rabu (29/8/2018).

Ketua TP PKK Kota Bitung ini membawakan materi Peran Serta Masyarakat Dalam Kampanye Perlindungan Yaki (Macaca nigra).

Berbeda dengan pembicara lainnya, Khouni berpakaian ala Kabasaran yang menarik perhatian semua peserta Jambore.

Dengan penuh percaya diri Khouni menjelaskan kepada peserta yang sebagian berasal dari luar daerah Sulawesi Utara kalau kostum yang Ia pakai adalah kostum adat perang Minahasa tempo dulu, dan sekarang sudah menjadi kostum tarian saat menjamu tamu.

“Kostum yang saya pakai ini ramah lingkungan tidak ada kepala Yaki yang tergantung seperti biasanya. Karena seringkali pakaian kabasaran dihiasi dengan kepala Yaki,” ungkap Khouni saat membuka materi.

Saat membawakan materi, Khouni yang sering disapa Mama Yaki ini mengajak kepada peserta jambore untuk ikut menyelamatkan populasi Yaki.

“Ayo selamatkan Yaki karena Yaki adalah sahabat kita bukan makanan kita,” serunya.

Hewan endemik yang terancam punah ini mempunyai peran penting dalam kelestarian lingkungan, karena dari dari aktifitas Yaki bisa tumbuh pohon dan hutan terjaga.

“Ayo kita selamatkan Yaki. Yaki yang menjaga hutan, hutan menjaga manusia jadi seharusnya kita manusia menjaga Yaki,” ungkap Mama Yaki.

 

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com