Connect with us

Zona Minahasa

Ribuan Anak Sekami se-Keuskupan Manado Semarakan Perayaan Puncak Yubileum

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Ribuan anak-anak Serikat Kepausan Anak Misioner (Sekami) se-Keuskupan Manado berkumpul di Amphiteater, Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Minggu (9/9/2018).

Pertemuan Raya Sekami ini pun merupakan rangkaian dari perayaan Puncak Yubileum 150 Tahun Gereja Katolik kembali tumbuh dan berkembang di wilayah Keuskupan Manado.

Pertemuan raya ini pun diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rollly Untu MSC.

Menariknya, pelayan dalam Misa Kudus tersebut pun seluruhnya merupakan para anak Sekami.

Saat membawakan renungan, Uskup Untu mengatakan, 14 September merupakan puncak perayaan Yubileum, karena saat itu di tanggal tersebut pada 150 tahun yang lalu, Pastor Van De Vries berlabuh di Kema atas undangan Daniel Mandagi.

“Tanggal 19 September 150 tahun lalu itu pembaptisan di Langowan. Sehingga kita merayakan Yubileum karena itu (pembaptisan),” katanya.

Menurut Uskup Untu, hal itu pun tidak lepas dari jasa almarhum Pastor Fred Tawalujan dan Pastor Sjaak Wagey yang mendapatkan catatan Daniel Mandagi terkait soal pembaptisan tersebut.

“Roh Kudus membuka jalan 150 tahun lalu. Maka terbukalah-terbukalah terus,” katanya.

Usai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan kegiatan rekreatif dari para anak-anak Sekami yang didampingi oleh kakak-kakak pendamping.

Diketahui, Pertemuan Raya Sekami ini pun sekaligus membuka rangkaian kegiatan Perayaan Puncak Yubileum 150 Tahun Keuskupan Manado yang puncaknya pada 14 September 2018 mendatang.

Selain Pertemuan Raya Sekami, Minggu kemarin pun telah berlangsung konser musik klasik dan Senin (10/9/2018) malam ini akan berlangsung konser musik tradisional, yang akan dimulai tepat pukul 18.00 Wita.

 

Editor : Christo Senduk

Olahraga

Mandolang Soccer Cup buka pendaftaran tournament sepakbola

Open tournamnet Soccer Cup memperebutkan tropi Camat Mandolang dan uang tunai dengan total 16 juta rupiah.

Published

on

Open Tornament Mandolang Soccer Cup. (Foto: Istimewa)

MINAHASA, ZONAUTARA.com Kecamatan Mandolang melalui panitia Mandolang Soccer Cup mengadakan open tournament sepakbola terbuka untuk umum yang akan dimulai pada Sabtu (24/5/2019).

Masa pendaftaran tim sepakbola sudah dibuka dan menerima semua tim yang ingin mendaftar tanpa pilihan kategori.

Pada pertandingan Mandolang Soccer Cup ini, tim sepakbola akan memperebutkan tropi Camat Mandolang dan uang tunai dengan total Rp16 juta. Dengan catatan setiap, tim harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu.

Pada babak penyisihan, ada sebanyak 128 tim yang akan bertarung untuk masuk pada babak selanjutnya.

Ketua panitia Mandolang Soccer Cup, Rafel Wallah saat ditemui wartawan Zona Utara mengungkapkan, mereka sangat siap dan antusias mengadakan open tournament ini.

“Kami panitia para muda-mudi di Desa Tateli dan Tateli Tiga sangat semangat, karena melihat banyaknya orang di desa kami dari semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa sangat senang dengan hobi olahraga ini,” ungkapnya.

Itu buktinya, kata dia, anak-anak yang tergabung dalam tim sepakbola Desa Tateli Tiga bole membawa nama Sulawesi Utara (Sulut) sampai ke tingkat nasional pada tahun lalu dan juga ada beberapa anak muda yang pernah bergabung dengan tim sepakbola daerah.

Menurut dia, panitia Mandolang Soccer Cup sudah sangat mengerti bagaimana mengadakan open tournament sepakbola. Apalagi, pada dua tahun lalu sempat sukses mengadakan tournament seperti ini.

Kegiatan inipun mendapat dukungan penuh dari Camat Mandolang Arthur Palilingan.

“Saya sangat mendukung open tournament ini, melalui ini juga kita bisa melihat bibit-bibit yang ada di Kecamatan Mandolang yang gemar bermain sepakbola,” ungkap Arthur.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

Trending