Connect with us

Zona Minahasa

Ribuan Anak Sekami se-Keuskupan Manado Semarakan Perayaan Puncak Yubileum

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com Ribuan anak-anak Serikat Kepausan Anak Misioner (Sekami) se-Keuskupan Manado berkumpul di Amphiteater, Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Minggu (9/9/2018).

Pertemuan Raya Sekami ini pun merupakan rangkaian dari perayaan Puncak Yubileum 150 Tahun Gereja Katolik kembali tumbuh dan berkembang di wilayah Keuskupan Manado.

Pertemuan raya ini pun diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rollly Untu MSC.

Menariknya, pelayan dalam Misa Kudus tersebut pun seluruhnya merupakan para anak Sekami.

Saat membawakan renungan, Uskup Untu mengatakan, 14 September merupakan puncak perayaan Yubileum, karena saat itu di tanggal tersebut pada 150 tahun yang lalu, Pastor Van De Vries berlabuh di Kema atas undangan Daniel Mandagi.

“Tanggal 19 September 150 tahun lalu itu pembaptisan di Langowan. Sehingga kita merayakan Yubileum karena itu (pembaptisan),” katanya.

Menurut Uskup Untu, hal itu pun tidak lepas dari jasa almarhum Pastor Fred Tawalujan dan Pastor Sjaak Wagey yang mendapatkan catatan Daniel Mandagi terkait soal pembaptisan tersebut.

“Roh Kudus membuka jalan 150 tahun lalu. Maka terbukalah-terbukalah terus,” katanya.

Usai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan kegiatan rekreatif dari para anak-anak Sekami yang didampingi oleh kakak-kakak pendamping.

Diketahui, Pertemuan Raya Sekami ini pun sekaligus membuka rangkaian kegiatan Perayaan Puncak Yubileum 150 Tahun Keuskupan Manado yang puncaknya pada 14 September 2018 mendatang.

Selain Pertemuan Raya Sekami, Minggu kemarin pun telah berlangsung konser musik klasik dan Senin (10/9/2018) malam ini akan berlangsung konser musik tradisional, yang akan dimulai tepat pukul 18.00 Wita.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Minahasa

44 warga Tateli terima Bantuan Sosial Tunai

Ini adalah penyaluran tahap satu.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Penyaluran BST di Desa Tateli. (Foto: zonautara.com/Tesa Senduk)

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Sebanyak 44 masyarakat di desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa menerima penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu, pada Minggu (24/5/2020).

Bantuan dari Kementrian Sosial ini diserahkan melalui Kantor Pos yang pelaksanaannya digelar di Kantor Desa Tateli.

Hukum Tua (kepala desa) Tateli, Magda Lala yang ikut hadir mengatakan bahwa ini adalah penyaluran tahap satu atau BST untuk bulan April.

“Ada 44 warga yang mendapatkan bantuan ini selama tiga tahap, yakni untuk bulan April, Mei dan Juni. Nantinya tinggal menunggu jadwal dari Kementrian, kapan akan ada penyaluran lagi,” jelas Magda kepada wartawan Zona Utara.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengingatkan, seluruh desa harus membentuk tim independen dalam menyeleksi penerima BST. Tim independen beranggotakan LPM, tokoh-tokoh agama, sehingga data penerima BST adalah mereka yang benar-benar kurang mampu.

Menurut Magda, pihaknya telah membentuk tim independen yang terdiri dari Hukum Tua, BPD, dan seluruh perangkat desa.

“Kami pastikan semua yang terdampak covid-19 mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik dari bantuan kabupaten, BST, provinsi, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Jika sudah mendapatkan salah satu bantuan, maka tidak bisa mendapat bantuan lainnya,” jelasnya.

Saat penyaluran BST terlihat juga Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Tateli, yang turut mengamankan kegiatan penyaluran bantuan tersebut.

Editor: Chsito Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com