Caleg Tak Masukan LADK, Sanksi Pembatalan Pencalonan Menanti

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sanksi tegas mengintai para Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, serta para bakal calon anggota legislatif (caleg). Khususnya, terkait Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Pasalnya, jika salah satu caleg tidak memasukan LADK, seluruh caleg yang dicalonkan oleh parpol di wilayah tersebut pun akan dibatalkan pencalonannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Demikian ditegaskan Komisioner KPU Kota Tomohon Stenly Kowaas. Dia mengatakan, parpol peserta Pemilu 2019 wajib memasukan LADK paling lambat 23 September mendatang.

“Kalau tanggal 23 September caleg belum memasukan LADK, bukan cuma calon bersangkutan yang akan dibatalkan, tapi juga calon yang ada di wilayah bersangkutan. Jadi, bukan cuma daerah pemilihan, tapi seluruh (caleg satu parpol) keseluruhan Kota Tomohon yang dibatalkan,” ujar Kowaas, di sela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Dana Kampanye kepada Parpol Peserta Pemilu, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, sanksi terkait dana kampanye ini pun belum berlaku pada Pemilu 2014 lalu dan baru berlaku pada Pemilu 2019.

Kowaas menjelaskan, LADK tersebut pun mencakup tujuh formulir. Di mana, enam formulir diisi oleh parpol dan satu formulir diisi oleh masing-masing caleg.

Selain LADK, kata Kowaas, parpol peserta Pemilu juga wajib memasukan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Untuk LPSDK, lanjut Kowaas, tidak memiliki sanksi langsung, melainkan hanya sanksi moral.

“Tapi untuk LADK dan LPPDK itu ada sanksi jelasnya. Kalau LADK itu dibatalkan pencalonannya, tapi kalau LPPDK, walaupun calon sudah terpilih tapi tidak memasukan LPPDK, calon tersebut tidak akan dilantik,” tegasnya.

Dia menambahkan, terkait pelaporan dana kampanye ini pun, pihaknya memberikan bimtek kepada parpol peserta pemilu agar memahami pengisian formulir pelaporan dana kampanye tersebut.

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.