Connect with us

Zona Tomohon

Caleg Tak Masukan LADK, Sanksi Pembatalan Pencalonan Menanti

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sanksi tegas mengintai para Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, serta para bakal calon anggota legislatif (caleg). Khususnya, terkait Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Pasalnya, jika salah satu caleg tidak memasukan LADK, seluruh caleg yang dicalonkan oleh parpol di wilayah tersebut pun akan dibatalkan pencalonannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Demikian ditegaskan Komisioner KPU Kota Tomohon Stenly Kowaas. Dia mengatakan, parpol peserta Pemilu 2019 wajib memasukan LADK paling lambat 23 September mendatang.

“Kalau tanggal 23 September caleg belum memasukan LADK, bukan cuma calon bersangkutan yang akan dibatalkan, tapi juga calon yang ada di wilayah bersangkutan. Jadi, bukan cuma daerah pemilihan, tapi seluruh (caleg satu parpol) keseluruhan Kota Tomohon yang dibatalkan,” ujar Kowaas, di sela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Dana Kampanye kepada Parpol Peserta Pemilu, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, sanksi terkait dana kampanye ini pun belum berlaku pada Pemilu 2014 lalu dan baru berlaku pada Pemilu 2019.

Kowaas menjelaskan, LADK tersebut pun mencakup tujuh formulir. Di mana, enam formulir diisi oleh parpol dan satu formulir diisi oleh masing-masing caleg.

Selain LADK, kata Kowaas, parpol peserta Pemilu juga wajib memasukan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Untuk LPSDK, lanjut Kowaas, tidak memiliki sanksi langsung, melainkan hanya sanksi moral.

“Tapi untuk LADK dan LPPDK itu ada sanksi jelasnya. Kalau LADK itu dibatalkan pencalonannya, tapi kalau LPPDK, walaupun calon sudah terpilih tapi tidak memasukan LPPDK, calon tersebut tidak akan dilantik,” tegasnya.

Dia menambahkan, terkait pelaporan dana kampanye ini pun, pihaknya memberikan bimtek kepada parpol peserta pemilu agar memahami pengisian formulir pelaporan dana kampanye tersebut.

 

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Terima remisi di HUT RI, 4 Andikpas dan 1 WBP langsung bebas

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat memberikan putusan pemberian remisi kepada para Andikpas dan WBP. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPerayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), menjadi momen bahagia bagi sejumlah Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Manado di Tomohon.

Pasalnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, pengurangan hukuman atau remisi diberikan kepada para Andikpas dan WBP di saat perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Kali ini, sebanyak 107 Andikpas dan 30 WBP yang mendapatkan remisi, dalam peringatan HUT ke-74 RI, di LPKA Klas II Tomohon, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak lima orang di antaranya langsung bebas.

Kepala LPKA Klas II Tomohon Tjahaja Rediantana menjelaskan, rincian remisi terhadap para Andikpas, yakni 103 Andikpas mendapatkan Remisi Umum I dan 4 Andikpas mendapatkan Remisi Umum II.

Sementara, untuk WBP di LPP, yakni sebanyak 29 WBP mendapatkan Remisi Umum I dan 1 WBP mendapatkan Remisi Umum II.

Rediantana mengatakan, dasar pemberian remisi kepada para Andikpas dan WBP tidak hanya soal administrasi.

“Tapi yang utama adalah perilaku, yakni
tidak termasuk dalam register F,” ujar Rediantana.

Sebelumnya, Menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Yassona Laoly dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, remisi diberikan kepada para Andikpas dan WBP yang berkelakuan baik dan menjalani hukuman sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Tujuannya untuk memberikan motivasi dan kesempatan untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan dan keterampilan di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Remisi kepada para Andikpas dan WBP tersebut diberikan oleh Wali Kota Eman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com