Aplikasi Opentender ICW berjaya di Kompetisi Dunia

MANADO, ZONAUTARA.com – Aplikasi Opentender.net yang diusung Indonesia Corruption Watch (ICW) berjaya dalam kompetisi bergengsi terkait inovasi pemberantasan korupsi.

Kompetisi bertajuk #FutureAgainstCorruption 2018 itu, diselenggarakan Transparency International yang berpusat di Berlin Jerman dan Kementerian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

FutureAgainstCorruption Award merupakan kompetisi bagi anak muda dari seluruh dunia untuk menyampaikan ide dan inovasi dalam melawan korupsi.

Proses kompetisi telah dimulai sejak 1 Oktober 2018. Total peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut mencapai 200 lembaga yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Saat ini, Indonesia yang diwakili ICW melangkah ke tahap final dan akan bersaing dengan sembilan lembaga lain dari berbagai negara seperti Amerika, Brazil, dan Afrika Selatan.

Panitia nantinya akan memilih tiga inovasi terbaik yang akan memaparkan karyanya di Berlin Jerman pada 10-11 Desember 2018 mendatang.

Aplikasi opentender.net merupakan platform digital untuk memantau pengadaan barang dan jasa (PBJ) di seluruh Indonesia. Platform ini menjadi alat bagi masyarakat untuk memastikan agar PBJ di lingkungan pemerintah dan pemerintah daerah bebas dari korupsi.

Menurut data Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2017 sebanyak 80 persen kasus korupsi yang ditangani lembaga ini terkait dengan PBJ.

Agar Indonesia bisa memenangkan kompetisi, ada tiga poin utama yang akan dinilai oleh panitia yaitu, dampak, keberanian, dan keberlanjutan dari inovasi.

Tapi masyarakat pun bisa turut menentukan pemenang dengan cara memberikan LIKE pada video inovasi yang diunggah oleh Transparency International. Semakin banyak LIKE diberikan maka semakin besar peluang untuk terpilih sebagai pemenang.
Kesempatan untuk memberikan dukungan dibuka sampai 21 November 2018.

“Agar inovasi Indonesia menang dalam kompetisi ini, kami mengajak masyarakat Indonesia dapat memberikan LIKE video yang ada. Kami berharap inovasi antikorupsi made in Indonesia ini dapat terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi ini agar semangat pemberantasan korupsi di Indonesia dapat didengar dunia dan dapat menginspirasi perjuangan melawan korupsi di negara-negara lain,” jelas Dewi dari ICW seperti yang dikirimkan melalui siaran pers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.