Connect with us

ZONA TERKINI

AJI dorong praktik data journalism

Published

on

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendorong jurnalis di Indonesia untuk lebih luas mempraktikkan konsep jurnalistik berbasis data.

Dorongan itu setidaknya sudah dimulai dua tahun belakangan lewat beberapa program.

“Kedepan kita akan terus mendorong praktik jurnalistik berbasis data yang lebih luas lagi,” ujar Ketua AJI Abdul Manan, Jumat (23/11/2018) di Sekretariat AJI di Jakarta.

Hal itu disampaikan Manan saat membuka kegiatan Training of Trainer Data Journalism Online Course, yang akan berlangsung Minggu (25/11) nanti.

Pelatihan ini merupakan kerjasama AJI dengan USAID – CEGAH. Para peserta yang diundang diharapkan akan menjadi trainer berbasis online.

“Dengan sistem online course diharapkan semakin banyak jurnalis yang dijangkau, untuk mempraktikan data journalism,” jelas Manan.

Philipus Parera dari Tempo yang membawakan materi investigasi menjelaskan bahwa data journalism menjadi sangat penting dalam kerja-kerja investigasi.

Menurutnya saat ini semakin banyak pihak yang menyediakan open data, yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi lanjutan.

“Jurnalis harus bisa memanfaatkan data-data itu untuk dianalisis dan digunakan dalam kepentingan investigasi,” kata Parera.

Hari pertama pelatihan ini juga diisi dengan materi soal investigasi kolaboratif yang dibawakan Irfan, dari Indonesialeaks.

Menurut Irfan, biaya investigasi dan explorasi data bisa direduksi jika media mampu bekerja bersama.

“Kolaboratif akan memberikan impak yang lebih luas, dan data journalism menjadi penting jika bisa dielaborasi,” ujar Irfan.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

ZONA TERKINI

9 kasus baru corona di Sulut ada yang berasal dari Sangihe dan Mitra

Total kasus positif di Sulut menjadi 306 kasus.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut Steaven Dandel. (Image: zonautara.com/Ronny Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali menggelar jumpa pers guna mengumumkan perkembangan epidemiologi covid-19, Jumat (29/5/2020).

Pada jumpa pers tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel membenarkan ada penambahan 9 kasus baru positif corona.

“Jadi total kasus positif covid-19 di Sulut hingga hari ini sudah sebanyak 306 kasus,” kata Dandel.

Adapun 9 kasus baru positif corona yang diumumkan hari ini berasal dari Sangihe, Minahasa, Manado, Minahasa Tenggara dan Tomohon.

Kota Manado kini menjadi daerah terbanyak kasus positif corona di Sulut. Selain Manado, daerah lain yang juga terdapat banyak kasus positif adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Hari ini ODP tercatat ada 147 dan PDP ada sebanyak 166,” ujar Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com