Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA TERKINI

AJI dorong praktik data journalism

Published

on

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendorong jurnalis di Indonesia untuk lebih luas mempraktikkan konsep jurnalistik berbasis data.

Dorongan itu setidaknya sudah dimulai dua tahun belakangan lewat beberapa program.

“Kedepan kita akan terus mendorong praktik jurnalistik berbasis data yang lebih luas lagi,” ujar Ketua AJI Abdul Manan, Jumat (23/11/2018) di Sekretariat AJI di Jakarta.

Hal itu disampaikan Manan saat membuka kegiatan Training of Trainer Data Journalism Online Course, yang akan berlangsung Minggu (25/11) nanti.

Pelatihan ini merupakan kerjasama AJI dengan USAID – CEGAH. Para peserta yang diundang diharapkan akan menjadi trainer berbasis online.

“Dengan sistem online course diharapkan semakin banyak jurnalis yang dijangkau, untuk mempraktikan data journalism,” jelas Manan.

Philipus Parera dari Tempo yang membawakan materi investigasi menjelaskan bahwa data journalism menjadi sangat penting dalam kerja-kerja investigasi.

Menurutnya saat ini semakin banyak pihak yang menyediakan open data, yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi lanjutan.

“Jurnalis harus bisa memanfaatkan data-data itu untuk dianalisis dan digunakan dalam kepentingan investigasi,” kata Parera.

Hari pertama pelatihan ini juga diisi dengan materi soal investigasi kolaboratif yang dibawakan Irfan, dari Indonesialeaks.

Menurut Irfan, biaya investigasi dan explorasi data bisa direduksi jika media mampu bekerja bersama.

“Kolaboratif akan memberikan impak yang lebih luas, dan data journalism menjadi penting jika bisa dielaborasi,” ujar Irfan.

Editor: Ronny Adolof Buol

Hukum dan Kriminal

Pilot ini ditangkap polisi karena sebarkan ujaran kebencian jelang 22 Mei

Polisi menangkapnya di Surabaya, karena memposting ujaran kebencian di Facebook-nya.

Published

on

IR, Pilot penerbangan swasta yang sebarkan ujaran kebencian melalui Facebook nya(Dokumentasi Polres Jakarta Barat) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebarkan Ujaran Kebencian dan Hasutan, Seorang Pilot Ditangkap Polisi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/20/05171911/sebarkan-ujaran-kebencian-dan-hasutan-seorang-pilot-ditangkap-polisi. Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari Editor : Kurnia Sari Aziza

ZONAUTARA.com – Polisi menangkap seorang pilot dari salah satu maskapai penerbangan swasta, karena menyebarkan ujaran kebencian melalui akun media sosialnya.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu mengakui penangkapan itu, sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Pilot berinisial IR tersebut ditangkap di Surabaya, Jawa Timur pada sabtu (18/5/2019).

“Benar, kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dan melanggar UU ITE,” kata Edy melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2019) malam.

IR dalam unggahannya menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi yang mengandung teror, hasutan dan menimbulkan ketakutan.

Salah satu pesan yang disebarkan IR adalah menghasut warga melakukan perlawanan pada 22 Mei 2019, saat pengumuman resmi hasil rekapitulasi pemilu oleh KPU RI.

“Catat…. Siapapun yang dimenangkan oleh KPU 22 Mei 2019 yang akan datang…. Benturan dan kerusuhan tetap akan terjadi dan yakinlah bahwa korban tidak akan sedikit….” tulis IR dalam akun Facebook-nya.

Selain itu, IR juga telah menyebar berita hoaks, salah satunya berjudul, “Polri Siap Tembak di Tempat Perusuh NKRI”.

“Saat ini masih kami dalami motif pelaku menyebarkan ujaran kebencian atau hate speech di medsos tersebut,” ujar Edy.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending