Connect with us

Wisata dan Perjalanan

Di Toraja, kematian adalah sukacita

Published

on

zonautara.com

Teks dan Foto: Ronny Adolof Buol

Nusantara kaya dengan ritual sakral siklus hidup manusia, mulai dari mengandung hingga kematian. Salah satunya adalah ritual kematian bagi suku Toraja yang mendiami bagian Utara provinsi Sulawesi Selatan.

Jazirah ini diberkati dengan pesona alam yang menakjubkan. Bentangan pemukiman di antara dinding-dinding karst dengan hawa yang sejuk, membuat Toraja menjadi destinasi yang selalu dinantikan.

Bertandanglah antara bulan Agustus hingga Oktober, saat salah satu ritual adat kematian dipestakan. Mereka menyebutnya Rambu Solo, sebuah upacara yang bertujuan menghormati dan menghantarkan arwah orang yang telah meninggal menuju alam puya, alam roh yang dipercayai pada agama nenek moyang aluk todolo.

zonautara.com
Doni, seorang pemandu di komplek makam Londa, Sanggalang, Toraja memberi penerangan saat menemani pejalan yang ingin melihat isi kubur goa tempat jenazah diletakkan di sela-sela batu. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

Dan jangan terkejut, saat mengetahui jenazah yang akan dipestakan tersebut telah meninggal beberapa bulan bahkan beberapa tahun lalu. Bagi orang Toraja, kematian bukanlah akhir segalanya, bukanlah sebuah peristiwa yang tiba-tiba membuat hati menjadi susah dan memutus rantai kekerabatan. Sebaliknya, kematian bagi orang Toraja, adalah satu tahap dalam proses yang panjang.

Tetapi itu bukan berarti tak ada duka saat ada kematian. Mereka tak lari dari rasa takut akan maut. Sebab bagi suku Toraja, justru kematian adalah pusat kehidupan.

Mereka percaya bahwa orang yang meninggal tak sunggung-sungguh mati, sehingga tetap percaya bahwa hubungan masih terus berlangsung bahkan sesudah kematian.

Oleh karenanya, bagi mereka, kematian adalah sebuah sukacita yang patut dirayakan dengan pesta. Sebuah keyakinan yang mentradisi sejak leluhur mereka, dan terus terjaga hingga kini, memikat ribuan pejalan saban tahun mendatangi negeri yang indah dan memesona ini.

zonautara.com
Tiruan tau-tau (patung kayu) yang bisa dijadikan souvenir bagi pengunjung Goa Kubur di Londa, Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Toraja. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

Bersiaplah dengan kejutan-kejutan tak terduga, kala mendapati harga seekor kerbau melebihi harga mobil termewah yang anda miliki. Pun saat mengetahui peti jenazah yang diusung dalam arakan menuju pemakaman harus digoyang-goyang ratusan orang.

Dan, saat berhadapan dengan tulang-belulang yang terongok di dalam kubur gua, dan saat mengetahui jika orok bayi yang meninggal dikubur di lubang pohon, sementara peti-peti jenazah lainnya tergantung di langit-langit gua dan terpahat di batu-batu raksasa.

Toraja adalah sajian eksotis pengembara jiwa yang merindukan jejak leluhur yang terus terjaga.

zonautara.com
Dua ekor kerbau sedang beradu dalam Ma’pasilaga tedong yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perayaan Rambu Solo. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Wisata dan Perjalanan

Jangan hanya ke pantai, ayo ke gunung

Di Manado ada gunung Tumpa, di Tomohon ada gunung Lokon dan Mahawu.

Published

on

Pasangan ini mengisi liburan dengan berfoto di gunung Mahawu. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

Manado, ZONAUTARA.com — Libur panjang masih berlangsung. Bagi anda yang tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri, tentu berwisata merupakan salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di sela-sela libur.

Mengajak keluarga atau sahabat mengunjungi destinasi wisata, dapat mengurangi stress akibat pekerjaan rutin selama ini.

Banyak pilihan wisata yang dapat dikunjungi. Biasanya, seperti di Kota Manado, Sulawesi Utara, orang mengunjungi pantai. Provinsi ini memang punya banyak destinasi wisata pantai yang indah.

Namun bukan hanya pantai, di Manado dan sekitarnya, banyak pula destinasi wisata gunung. Tak perlu mendaki dengan menguras tenaga. Beberapa gunung bahkan bisa didatangi dengan kendaraan bermotor.

Di Kota Manado sendiri ada kawasan hutan lindung Gunung Tumpa. Lokasi ini tak jauh dari Kota Manado, hanya sekitar 20 menit berkendara.

Dari perbukitan Tumpa, pemandangan indah akan tersaji. Padatnya Kota Manado menjadi sajian menarik. Tentu yang utama adalah memandangi perairan teluk Manado dengan pulau-pulaunya, termasuk pulau Bunaken.

Pemandangan dari salah satu sisi Gunung Tumpa. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

Tumpa juga menjadi lokasi terjun para atlit paralalayang. Jika anda bernyali, bisa juga terbang tandem bersama mereka dengan tarif tertentu.

Berkendara sekitar satu jam ke arah Tomohon, beberapa destinasi gunung tak kalah kerennya. Yang paling mudah adalah Gunung Mahawu. Ini juga merupakan hutan lindung.

Di Mahawu, anda malah bisa berdiri tepat di tepi kawahnya. Tak susah untuk tiba di tepi kawah. Ada ratusan anak tangga yang sudah disediakan untuk mencapainya.

Dari salah satu sisi di Mahawu, anda bisa melihat keindahan Kota Tomohon yang sejuk. Sementara di sisi lainnya, anda bisa melihat Gunung Klabat, Danau Tondano, Gunung Tumpa dan pulau-pulau di perairan Manado.

Jika anda punya tenaga lebih, tak salah melakukan pendakian Gunung Lokon. Tapi cari informasi dulu ke pos pengamatan gunung berapi. Baik Mahawu maupun Lokon, keduanya adalah gunung api aktif namun aman untuk didaki.

Pengunjung berfoto dengan latar belakang kawah Mahawu. (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

Kota Tomohon yang terletak di ketinggian, tak hanya soal Mahawu dan Lokon. Wilayah ini punya sederet destinasi wisata yang indah dan menarik.

Kesejukan hawanya menjadi salah satu keunggulan Tomohon dibandingkan Manado. Dan keunggulan itu membuat Tomohon sampai dijuluki kota bunga karena banyaknya bunga di sana.

Di Tomohon juga ada danau unik. Danau Linouw namanya. Ini merupakan danau yang airnya bercampur belerang. Jadinya, warna airnya hijau tosca dan menjadi daya tarik yang unik.

zonautara.com
Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol

Di danau Linouw tersedia berbagai fasilitas rekreasi termasuk cottage dan ruang pertemuan yang berukuran besar. Jangan lupa, membawa jaket, karena udaranya yang cukup dingin.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com