Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Minsel

Perangkat Desa Kapoya Satu ikut pelatihan teknologi tepat guna

Published

on

zonautara.com

MINAHASA SELATAN, ZONAUTARA.com – Perangkat Desa Kapoya Satu, Kecamatan Suluun Tareran mengikuti pelatihan teknologi tepat guna dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan Internet untuk informasi desa, Selasa (4/12/2018).

Pelatihan yang dilaksanakan oleh tim Zona Utara dan didukung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Selatan ini diikuti oleh 10 Perangkat Desa Kapoya Satu, dan dilaksanakan di balai desa.

Tampil sebagai pemateri dari Tim Zona Utara adalah Ronny Buol dan Suhandri Lariwu. Mereka memberikan materi bagaimana memahami teknologi informasi dengan bijak dan bermanfaat bagi warga desa, dan juga tentang etika pewarta warga.

Tujuannya adalah agar perangkat desa dapat memberikan informasi yang tepat mengenai desa mereka, baik informasi mengenai potensi desa, kegiatan desa, dan berbagai informasi desa yang layak diketahui publik.

Informasi tersebut dapat disampaikan melalui berbagai aplikasi yang tersedia. Namun tim Zona Utara telah menyediakan platform tersendiri bagi warga desa yang disebut dengan nama MataDesa.

Setelah pelatihan, perangkat desa dianjurkan untuk membagikan pemanfaatan internet ini kepada seluruh masyarakat Kapoya Satu agar bisa juga mengambil bagian dalam membagikan informasi desa.

Hukum Tua Desa Kapoya Satu Sani Runtuwarow mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus karena dapat membuka wawasan para perangkat desa bagaimana memanfaatkan internet.

“Warga tidak hanya menggunakan internet untuk media sosial, tapi juga dapat memanfaatkan untuk hal-hal positif lainnya,” ungkap Sani.

Sani juga mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, informasi yang ada di Kapoya Satu dapat diketahui masyarakat luar, terlebih masyarakat Kapoya Satu yang tinggal di luar daerah.

Zona Minsel

GMIM Wilayah Amurang 3 gelar Pemilihan Remaja Teladan, ini hasilnya

Published

on

MINSEL, ZONAUTARA.com – Pemilihan Remaja Teladan (Retel) GMIM Wilayah Amurang 3 telah berakhir dengan digelarnya malam final pada Jumat (1/3/2019) minggu lalu.

Malam final itu digelar di GMIM Kanaan Pinaling Amurang yang diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua BPMJ Pdt Olga Manorek Pangkey MTh, yang juga dilanjutkan dengan pengutusan tim juri yang terdiri dari Pnt Steven Rondonuwu, Pnt Pricilia Tangel dan Christian.

Ketua KPRS GMIM Pnt Michaela Paruntu dalam sambutannya mengatakan, finalis remaja teladan diharapkan tetap menjadi teladan di manapun pergi dan berada.

“Sesungguhnya keteladanan itu bukan hanya saat mengikuti pemilihan seperti ini, tapi teladan itu tetap dibawa kemanapun kalian pergi dan berada,” tegas Ka Mikha, sapaan akrab Pnt Michaela.

Sementara itu Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Amurang 3 Pdt Stien Rondonuwu MTh, didampingi Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah (KPRW) Pnt Haris Sedua menyambut positif kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini harus ditopang karena sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak remaja,” tegas Pdt Stien.

Ketua Panitia Pemilihan Eva Aruperes menjelaskan sebanyak 72 peserta telah melalui serangkaian tes yang diawali dengan tes tertulis di GMIM Setia Kudus Pondang.

“Dari 72 peserta itu kemudian disaring menjadi 15 peserta putra dan 17 peserta putri untuk tes wawancara. Kemudian didapat 10 pasang peserta untuk karantina dan maju sebagai finalis Retel Wilayah Amurang 3 ini,” jelas Eva.

Akhirnya setelah melewati berbagai tahapan, terpilih Jeremi Lelemboto (Kanaan Pinaling) dan Fheronica Senduk (Kanaan Pinaling), sebagai Remaja Teladan.

Hasil Lengkap Retel Wilayah Amurang 3

Wakil 1 Putra Putri
Kristian Katihokang (SetiaKudus)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)
Wakil 2 Putra Putri
Lukas Sinolungan (Makedonia Lopana)
Inka Supu (Betlehem Ranomea)
Harapan 1 Putra Putri
Koresy Ochotan (Makedonia Lopana)
Nadin Olii (Betlehem)
Harapan 2 Putra Putri
Josua Bujung (Koinonia)
Beauty Singal (Koinonia)
Harapan 3 Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Gabriella Mamesah (Makedonia Lopana)
Intelegensia Putra Putri
Natanael Buhang (SetiaKudus)
Angelina Umboh (Talitakum Pondang)
Persahabat Putra Putri
Reinhard Sunkudon (Makedonia Lopana)
Jessica Rumondor (Makedonia Lopana)
Berbakat Putra Putri
Fabian Polii (Koinonia)
Putri Soselisa (Kanaan pinaling)
Cinta Lingkungan Putra Putri
Anjelo Sigar (Koinonia)
Edelweis Tumbelaka (Betlehem)
Favorit Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending