Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Bencana dan Musibah

Soputan meletus lontarkan debu vulkanik 7000 meter

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Gunung api Soputan di Minahasa Tenggara meletus, Minggu (16/12/2018).

Dari berbagai postingan warganet terlihat kolom abu dari erupsi Soputan cukup tinggi.

Gladys Mintjelungan di timeline Facebooknya menuliskan informasi bahwa Soputan mulai erupsi subuh tadi.

Sementara Mega Manopo melaporkan bahwa terjadi hujan abu vulkanik di wilayah Tombatu Utara.

Belum ada keterangan resmi soal erupsi Soputan ini.

Gunung dengan ketingggian 1809 meter diatas permukaan laut ini meletus dengan melontarkan material vulkanik setinnggi 7000 meter dengan asap kelabu dan hitam.

Informasi dari laman magma.vis.esdm.go.id juga teramati sinar api dari kawah Soputan.

Tercatat satu kali letusan dengan durasi 17880 detik dengan amplitudo 40mm, dengan guguran selama 40 detik dan tremor menerus. Sesekali masih masih teramati letusan susualan.

Kini status Soputan berada pada Level III (Siaga) dengan meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas pada radius 4 kilometer dari puncak.

zonautara.com
Soputan meletus (Foto: magma.vis.esdm.go.id)

Bencana dan Musibah

Sempat mati mesin, kapal penangkap ikan diselamatkan Basarnas Manado

Published

on

Foto: Basarnas Manado

MANADO, ZONAUTARA.comBoat rescue KN Bimasena dari Kantor Basarnas Manado melakukan operasi pencarian terhadap kapal penangkap ikan KM Norsledi Bahari.

Kapal berawak 25 orang itu sebelumnya dilaporkan mengalami mati mesin, Selasa (7/5/2019) tengah malam. Informasi kehilangan itu masuk ke Kantor Basarnas Manado pada Rabu (8/5) pukul 02.20 WITA.

KN Bimasena kemudian bertolak dari Dermaga Munte, Likupang, Minahasa Utara melakukan pencarian di lokasi perairan laut Sulawesi Utara pada koordinat seperti yang dilaporkan.

Posisi terakhir kapal ikan yang mengalami musibah tersebut berada pada 13 nautical mile (NM) arah timur laut dari Tanjung Batu Kapal, pulau Lembeh, Bitung. Kapal kala itu dalam perjalanan dari pulau Biaro, Sitaro menuju Bitung.

Setelah melakukan upaya pencarian, rescuer Basarnas Manado kemudian menemukan kapal penangkap ikan dengan panjang 30 meter itu pada posisi 39 derajat dari Pelabuhan Bitung pada jarak 25 NM.

Sewaktu ditemukan, KM Norsledi Bahari bersama KN Sinar Bahari II. Kapal yang mengalami mati mesin itu kemudian ditarik menuju Bitung.

“Kapal sudah berhasil diselamatkan, dan semua anak buah kapal dalam keadaan selamat,” ujar Kepala Kantor Basarnas Manado, Gede Darmada, Rabu (8/5).

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending