Connect with us

Zona Sulut

Data Kesbangpol, Ratusan Ormas di Sulut ilegal

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Kepala Kesbangpol Sulawesi Utara, Mecky Onibala menyampaikan data jumlah organisasi massa (Ormas) di Sulawesi Utara dalam rapat kerja bersama Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum, Selasa (29/1/2019).

Pada rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I, Drs Ferdinand Mewengkang tersebut, Onibala mengatakan ada ratusan Ormas tanpa izin alias ilegal yang beroperasi di Sulut hingga tahun 2019.

“Masih terdapat ratusan Ormas ilegal di Sulut. Namun mereka aktif berkegiatan,” ungkap dia.

Menurutnya, meski demikian, Ormas-ormas tak resmi itu masih bisa diawasi dan dikendalikan oleh Pemerintah.

“Contohnya, saat hendak melakukan aksi demo dan dilarang, mereka patuh dan mengikuti himbauan pemerintah,” kata Onibala lagi.

Terkait penyampaian Kepala Kesbangpol tersebut, Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang berharap agar Ormas yang masuk daftar ilegal atau belum mempunyai izin agar segera bisa melengkapi persyaratan.

“DPR mendorong agar Ormas yang berstatus ilegal dapat mengurus persyaratan sesuai ketentuan,” kata Mewengkang.

Sebagaimana data yang ada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik tercatat ada 104 Ormas yang beroperasi tanpa izin alias Ilegal. (K-02)

Bagikan !

Zona Sulut

Breaking News 3 Juni: Ada 23 kasus baru corona di Sulut

Total kasus poitif di Sulut secara akumulatif sudah mencapai 377 kasus

Bagikan !

Published

on

Foto: Zonautara.com

ZONAUTARA.COM – Update perkembangan epidemiologi virus corona yang diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Pusat, mengindikasikan dinamika dan penularan covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara masih terus berlangsung hingga kini.

Dalam update yang dipublikasi melalui situs covid19.go.id, disebutkan bawah hari ini, Rabu (3/6/2020), Sulawesi Utara bertambah 23 kasus baru positif terkonfirmasi covid-19.

Dengan bertambahnya 23 kasus baru positif tersebut, secara akumulatif, kini di Sulut sudah tercatat sebanyak 377 kasus positif.

Kasus positif terkonfirmasi covid-19 tersebar di sejumlah daerah di Sulut.

Belum ada rincian secara detil penambahan kasus baru positif yang diumumkan hari ini, baik daerah asal maupun informasi detil kasus secara individual.

Pada Selasa (2/6), Sulut melaporkan ada 15 kasus baru positif, terbanyak berasal dari Manado.

Sepanjang Maret hingga April ada sebanyak 45 kasus positif yang diumumkan di Sulut.

Kasus positif pertama kali di Sulut diumumkan pada 14 Maret 2020. Kasus pertama ini adalah seorang laki-laki berusia 51 tahun asal Manado, yang pulang dari ibadah Umroh.

Hingga kini Kota Manado menjadi daerah paling tinggi kasus positif di Sulut. Daerah lain dengan kasus positif yang tinggi adalah Tomohon dan Minahasa.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com