Connect with us

ZONA DAERAH

Layanan pindah memilih ditutup, hari ini KPU Tomohon plenokan DPTb

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah menutup layanan untuk Pindah Memilih. Hari ini, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019 yang mengakomodir para pemilih yang pindah memilih karena keadaan tertentu itu pun dijadwalkan akan diplenokan di tingkat KPU Kabupaten/Kota.

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai hal untuk memastikan hak memilih setiap warga negara terakomodir.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pencermatan sekaligus mengakomodir masyarakat yang ingin pindah memilih karena keadaan tertentu.

“Mereka yang termasuk dalam sembilan poin itu kami sudah akomodir dan besok (hari ini) kita akan melakukan pleno di tingkat kota dan secara berjenjang akan diplenokan,” ujar Lasut saat ditemui di kantornya, Senin (18/3/2019).

Dia menjelaskan, dalam menyusun DPTb tersebut, pihaknya telah melakukan penginputan data pindah memilih tersebut yang kemudian disikronkan dengan data pemilih yang ada.

“Misalnya, salah satu syarat untuk menerima form A5 adalah dia harus terdaftar dulu di daerah asalnya, itu yang kita koordinasikan, di daerah mana dia terdaftar. Ketika di daerah tersebut dia memang terdaftar, maka dengan sendirinya kita akan mengeluarkan form A5,” katanya.

Kemudian, lanjut Lasut, pihaknya pun telah lakukan sosialisasi kepada masyarakat luas soal pindah memilih tersebut.

“Karena bukan tidak mungkin di kalangan masyarakat tertentu ada yang tidak mengetahui akan hal ini, terutama soal pindah memilih, karena di saat dia menggunakan form A5, kita lihat apakah dia antarprovinsi atau antarkabupaten, karena itu akan memengaruhi penggunaan Surat Suara,” jelasnya.

Dia menambahkan, setelah selesai dengan DPTb, pihaknya pun kini mulai memersiapkan data untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Semuanya ini kita persiapkan, salah satunya agar tidak memengaruhi ketersediaan logistik, khususnya Surat Suara. DPTb juga sasarannya itu, untuk keterpenuhan Surat Suara,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Terpilih aklamasi, Sekkot Lolowang jabat Ketua Korpri Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comSekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang terpilih menjadi Ketua Korpri periode 2019-2024.

Lolowang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Korpri Kota Tomohon tahun 2019, yang digelar di aula Inspektorat, Selasa (18/6/2019).

Lolowang yang saat itu membacakan sambutan Wali Kota Tomohon yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, Musyawarah Daerah ini merupakan sebuah tuntutan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Karena dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik atau good governance, kita dituntut untuk menata ulang sistem pelayanan publik dan reformasi birokrasi,” ungkap Eman.

Dia berharap dengan terpilihnya pimpinan Dewan Pengurus Korpri yang baru, kualitas pelayanan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dapat ditingkatkan. Selain itu, kata dia, juga dapat meningkatkan hubungan antarlembaga profresi, serta kesejahteraan setiap anggotanya.

“Korpri Kota Tomohon juga harus berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan Korpri baik nasional maupun regional seperti kegiatan olahraga, kesenian, kegiatan sosial maupun kegiatan lain yang menjadi agenda Korpri pusat, juga untuk kesejahteraan anggota, serta perlindungan hukum bagi tiap-tiap anggota,” pungkasnya.

Diketahui, Lolowang terpilih secara aklamasi setelah adanya pandangan umum yang diampaikan oleh Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Djoike Karouw.

Pandangan umum tersebut disetujui oleh seluruh pemegang hak suara, yakni para Kepala Dinas, Kepala Badan, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon lainnya.

Turut hadir dalam musda tersebut Ketua Bidang Pengelolaan Administrasi Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sulawesi Utara yang juga merupakan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Utara Femmy J. Suluh.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com