Connect with us

ZONA DAERAH

KPU Tomohon simulasikan proses pungut hitung Pemilu 2019

Published

on

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 5, Kelurahan Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Utara. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 tinggal menghitung hari.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun terus melakukan berbagai hal untuk menyukseskan pesta demokrasi ini. Salah satunya simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara.

Di Kota Tomohon, KPU menggelar simulasi pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5, Kelurahan Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Sabtu (23/3/2019).

Pantauan Zona Utara, simulasi ini melibatkan langsung masyarakat yang terdaftar di TPS tersebut.

Di mana, saat tiba di TPS, pemilih mendaftar kepada KPPS, menunggu giliran, mengambil Surat Suara, masuk ke bilik suara dan mencoblos, mengisi surat suara ke kotak suara, hingga mencelupkan jari ke tinta.

Waktu pelaksanaan pun digelar serupa dengan proses pungut hitung yang nantinya akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, yakni dimulai pada pukul 07.00 WITA.

Simulasi Pemilu 2019 di Kota Tomohon. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut bersama empat Komisioner lainnya, masing-masing Robby Golioth, Stenly Kowaas, Albertin Vierna Pijoh dan Jacobus Andre Wowor pun memantau langsung proses simulasi tersebut.

Komisioner KPU Divisi Teknis Robby Golioth mengatakan, simulasi ini digelar untuk melatih para petugas yang nantinya akan bertugas di TPS pada hari H Pemilu 2019.

“Ini pelatihan buat para petugas, juga buat masyarakat yang akan menyalurkan hak pilihnya,” ujar Golioth kepada Zona Utara.

Menurut dia, simulasi tersebut dilaksanakan serupa dengan proses yang akan dilakukan di TPS pada hari pelaksanaan pemilu nanti.

“Mulai dari penyebaran formulir C6 pada H-1 dan penerimaan logistik, kemudian pengembalian formulir C6 yang tidak terdistribusi. Kemudian pada hari pelaksanaan, jam 6 pagi dilakukan penempelan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan jam 7 TPS dibuka serta pengambilan sumpah janji,” jelasnya.

Setelah itu, lanjut Golioth, dilanjutkan dengan pemungutan suara hingga pukul 13.00 WITA, kemudian istirahat makan dan langsung dengan penghitungan suara.

“Dalam simulasi ini, sebanyak 281 pemilih terdaftar di TPS 5 ini, tapi terdistribusi formulir C6 hanya 231,” katanya.

Dia menambahkan, seluruh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Tomohon diundang dalam simulasi ini, untuk melihat seperti apa kendala-kendala yang bisa ditemui pada saat bertugas pada hari pelaksanaan nanti.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Breaking News 3 Juni: Ada 23 kasus baru corona di Sulut

Total kasus poitif di Sulut secara akumulatif sudah mencapai 377 kasus

Bagikan !

Published

on

Foto: Zonautara.com

ZONAUTARA.COM – Update perkembangan epidemiologi virus corona yang diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Pusat, mengindikasikan dinamika dan penularan covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara masih terus berlangsung hingga kini.

Dalam update yang dipublikasi melalui situs covid19.go.id, disebutkan bawah hari ini, Rabu (3/6/2020), Sulawesi Utara bertambah 23 kasus baru positif terkonfirmasi covid-19.

Dengan bertambahnya 23 kasus baru positif tersebut, secara akumulatif, kini di Sulut sudah tercatat sebanyak 377 kasus positif.

Kasus positif terkonfirmasi covid-19 tersebar di sejumlah daerah di Sulut.

Belum ada rincian secara detil penambahan kasus baru positif yang diumumkan hari ini, baik daerah asal maupun informasi detil kasus secara individual.

Pada Selasa (2/6), Sulut melaporkan ada 15 kasus baru positif, terbanyak berasal dari Manado.

Sepanjang Maret hingga April ada sebanyak 45 kasus positif yang diumumkan di Sulut.

Kasus positif pertama kali di Sulut diumumkan pada 14 Maret 2020. Kasus pertama ini adalah seorang laki-laki berusia 51 tahun asal Manado, yang pulang dari ibadah Umroh.

Hingga kini Kota Manado menjadi daerah paling tinggi kasus positif di Sulut. Daerah lain dengan kasus positif yang tinggi adalah Tomohon dan Minahasa.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com