Connect with us

Zona Wakil Rakyat

LIPSUS: Hasil Reses I TA 2019 Diparipurnakan, Gubernur Sampaikan LKPJ 2018

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – DPRD Sulut menggelar paripurna penyampaian hasil reses I tahun anggaran 2019, serta penutupan masa sidang I tahun 2019 serta buka masa sidang ke II tahun 2019, Selasa (23/4/2019).

Pada kesempatan yang sama juga digelar agenda paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur tahun 2018.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Andrei Angouw, dan didampingi tiga Wakil ketua, yakni Stefanus Vreeke Runtu, Wenny Lumentut dan Marthen Manoppo. Juga hadir Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Dalam pengantarnya Ketua DPRD menjelaskan paripurna ini didasarkan pada Rapat Badan Musyawarah yang sejalan dengan UU Pemerintahan Daerah .

“Untuk laporan AKD baik Pimpinan Dewan dan Komisi serta reses, disampaikan secara tertulis kepada Pemerintah Daerah,” kata Angouw.

Dapil Manado diwakili Amir Liputo selaku juru bicara, menyatakan harapan besar warga Kota Manado, agar ada sinergitas antara Pemkot Manado dan Pemerintah Sulut.

“Agar pembangunan di Sulut dan Kota Manado terkoneksi baik, termasuk dengan aspirasi soal pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja,” kata dia.

Demikian dengan LKPJ Gubernur, jelas Ketua DPRD, sesuai amanat UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana menyebutkan kepala daerah menyampaikan pertanggungjawaban DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran.

Gubernur Olly Dondokambey dalam penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan agenda Pilkada 2020, yang akan menyerap anggaran cukup fantastis dengan nominal Rp900 miliar.

Dengan anggaran yang cukup signifikan tersebut, Olly berharap jangan sampai menggerus dan berdampak terhadap kelangsungan pembangunan. Mengingat sejak semula, pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur.

Terkait dengan realisasi APBD 2018 yang diplot sebesar Rp2,5 triliun, lanjutnya sudah direalisasikan sesuai dengan peruntukannya diantaranya program pro rakyat seperti kemiskinan, pendidikan, pembangunan kesehatan, reformasi birokrasi, infrastruktur dan pengembangan wilayah, kedaulatan pangan, peningkatan daya saing, investasi serta penanggulangan bencana.

Paripurna juga dihadiri oleh Sekda Sulut Edwin Silangen SE, Sekretaris DPRD Drs Bartolomeus Mononutu, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Wenny Lumentut, anggota DPRD, Wakil BPKP, BNN, perwakilan perbankan dan jajaran SKPD. (***)

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Wakil Rakyat

Wowor-Lumentut-Lomban ketua fraksi, Golkar dan Demokrat menunggu

Meski Demokrat sudah keluarkan rekomendasi.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Sulawesi Utara hingga kini belum tuntas. Baru tiga fraksi yang telah menetapkan pimpinan dan strukturnya.

Pertama adalah Fraksi PDI Perjuangan, yang diketuai oleh Rocky Wowor, Wakil ketua Muslimah Mongilong dan Sekretaris Vonny Paat. Yang kedua adalah Fraksi Partai Nasdem yang diketuai oleh Nick Lomban, Wakil ketua Mohammad Wongso dan Sekretaris Stella Runtuwene.

Yang ketiga adalah fraksi gabungan empat partai politik, yaitu Partai Gerindra, PAN, PKS dan PKB akhirnya final, yang dibentuk Rabu (11/9/2019) sore.

“Ketua pak Wenny Lumentut dari Partai Gerindra. Sebagai Wakil ketua adalah pak Ayub Ali Albugis, Sekretaris saya sendiri dan Bendahara ibu Nursiwin Dunggio. Dan anggota Yusra Alhabsi dan Sjenny Kalangi,” jelas Amir Liputo.

Sementara itu, Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut Wenny Lumentut berharap, fraksi ini betul-betul menunjukan ke masyarakat bagaimana kebersamaan dan kinerja di DPRD Sulut.

“Dan tentunya akan tercipta sebagaimana nama fraksi kita nyiur yang semakin melambai,” tutupnya.

Sementara Fraksi Partai Golkar hingga kini belum memasukan struktur fraksi.

“Kami baru akan mengirim surat ke DPD. Masih menunggu petunjuk,” kata legislator Golkar, Raski Mokodompit.

Fraksi Partai Demokrat pun demikian. Meski telah keluar rekomendasi dari DPP yang menetapkan ketua fraksi dipegang oleh Netty Agnes Pantouw, hingga kini belum membentuk struktur fraksi. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com