LIPSUS: Hasil Reses I TA 2019 Diparipurnakan, Gubernur Sampaikan LKPJ 2018

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



MANADO, ZONAUTARA.com – DPRD Sulut menggelar paripurna penyampaian hasil reses I tahun anggaran 2019, serta penutupan masa sidang I tahun 2019 serta buka masa sidang ke II tahun 2019, Selasa (23/4/2019).

Pada kesempatan yang sama juga digelar agenda paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur tahun 2018.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Andrei Angouw, dan didampingi tiga Wakil ketua, yakni Stefanus Vreeke Runtu, Wenny Lumentut dan Marthen Manoppo. Juga hadir Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Dalam pengantarnya Ketua DPRD menjelaskan paripurna ini didasarkan pada Rapat Badan Musyawarah yang sejalan dengan UU Pemerintahan Daerah .

“Untuk laporan AKD baik Pimpinan Dewan dan Komisi serta reses, disampaikan secara tertulis kepada Pemerintah Daerah,” kata Angouw.

Dapil Manado diwakili Amir Liputo selaku juru bicara, menyatakan harapan besar warga Kota Manado, agar ada sinergitas antara Pemkot Manado dan Pemerintah Sulut.

“Agar pembangunan di Sulut dan Kota Manado terkoneksi baik, termasuk dengan aspirasi soal pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja,” kata dia.

Demikian dengan LKPJ Gubernur, jelas Ketua DPRD, sesuai amanat UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana menyebutkan kepala daerah menyampaikan pertanggungjawaban DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran.

Gubernur Olly Dondokambey dalam penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan agenda Pilkada 2020, yang akan menyerap anggaran cukup fantastis dengan nominal Rp900 miliar.

Dengan anggaran yang cukup signifikan tersebut, Olly berharap jangan sampai menggerus dan berdampak terhadap kelangsungan pembangunan. Mengingat sejak semula, pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur.

Terkait dengan realisasi APBD 2018 yang diplot sebesar Rp2,5 triliun, lanjutnya sudah direalisasikan sesuai dengan peruntukannya diantaranya program pro rakyat seperti kemiskinan, pendidikan, pembangunan kesehatan, reformasi birokrasi, infrastruktur dan pengembangan wilayah, kedaulatan pangan, peningkatan daya saing, investasi serta penanggulangan bencana.

Paripurna juga dihadiri oleh Sekda Sulut Edwin Silangen SE, Sekretaris DPRD Drs Bartolomeus Mononutu, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Wenny Lumentut, anggota DPRD, Wakil BPKP, BNN, perwakilan perbankan dan jajaran SKPD. (***)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com