Connect with us

Zona Sulut

Pemudik dari Pelabuhan Manado naik 12,9 persen

Tujuan pemudik ke Nusa Utara dan Maluku Utara.

Published

on

Pelabuhan Manado. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

MANADO, ZONAUTARA.com – Jumlah penumpang yang tercatat meninggalkan Pelabuhan Manado hingga Minggu (2/6/2019) sebanyak 16.671 orang. Jumlah itu naik 12,9 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (H-15 hingga H-3 Lebaran).

Pada periode yang sama tahun lalu, penumpang yang diberangkatkan sebanyak 14.758 orang.

Ada sebanyak 67 kapal motor yang memberangkatkan penumpang arus mudik dari Pelabuhan Manado menuju ke berbagai tujuan di Nusa Utara dan Maluku Utara. Sebanyak tiga kapal dicadangkan.

“Jumlah penumpang setiap hari tidak selalu naik, cenderung fluktuatif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Lebaran di Manado kan tidak dirayakan sebesar Natal dan Tahun Baru,” kata kepala seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, Majumi Maumaja, Senin (3/6) dikutip dari Kompas.id.

Menurut Majumi, puncak arus mudik telah berlalu, pada Jumat (31/5) bertepatan dengan dimulainya libur panjang terutama bagi anak sekolah. Pada hari itu tercatat ada 2.151 penumpang kapal.

Majumi meyakinkan bahwa pihak KSOP Manado telah memastikan semua kapal yang diberangkatkan laik beroperasi.

Destinasi mudik yang paling banyak dituju masyarakat dari Manado, adalah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Setiap hari, ada dua sampai tiga kapal yang berangkat menuju Tahuna di Kepulauan Sangihe seperti Kapal Motor (KM) Metro Teratai, KM Mercy Teratai, dan KM Barcelona 1.
Beberapa kapal seperti KM Saint Mary juga berhenti di Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kapal menuju Kabupaten Sitaro juga berlayar setiap hari. Tersedia tujuh kapal dari berbagai perusahaan pelayaran yang melayani jalur ini.
Adapun dua kapal melayani perjalanan menuju Kabupaten Kepulauan Talaud setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Sementara transportasi laut menuju Ternate, Maluku Utara, via Sanana dan Jailolo dilayani lima kapal yang berlayar setiap hari kecuali Rabu dan Minggu. KM Karya Indah, misalnya, hanya berlayar ke Ternate sekali dalam seminggu, yaitu pada hari Kamis.

Sementara itu, total 12.069 penumpang dari sejumlah kabupaten kepulauan di Sulut dan Maluku Utara telah tiba di Manado sejak H-15 hingga H-3 Lebaran. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 11.596 penumpang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KABAR SULUT

Wagub: Kepala SKPD wajib hadir di pembahasan RAPBD-P 2019

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Setelah Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) ditetapkan, Gubernur melalui Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, menyampaikan Rancangan APBD Perubahan 2019 ke DPRD Sulut, Selasa (13/8/2019).

Pada penjelasannya, Wagub mengatakan, perubahan APBD 2019 dilakukan karena adanya perubahan asumsi kebijakan umum anggaran, pergeseran anggaran, dan sisa lebih pakai anggaran (Silpa).

“Diharapkan perubahan ini bisa memperkuat struktur anggaran dan pada APBD induk 2019 mencapai Rp4,98 triliun lebih, bertambah di APBD-P menjadi Rp4.110.000.000.000 atau naik sekitar 0,29 persen. Sedangkan pendapatan asli daerah di APBD 2019 mencapai Rp1.269.000.000.000 atau bertambah Rp7,9 miliar,” terang Kandouw.

Usai fraksi-fraksi menyampaikan pemandangan umum atas apa yang disampaikan Wagub, mantan Ketua DPRD Sulut itu mengingatkan seluruh kepala SKPD wajib hadir dalam pembahasan di DPRD.

“Wajib hadir. Tidak ada alasan. Saya tidak akan tanda tangan jika ada usulan perjalanan dinas. Harus hadir pembahasan,” tegas Kandouw.

Sementara, Ketua DPRD Andrei Angouw mengatakan, bahwa DPRD siap melanjutkan ke tahapan pembahasan di tingkat komisi.

Dan sesuai dengan undangan yang beredar, Rabu (14/8/2019) hari ini akan digelar rapat pembahasan Badan Anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, terkait APBD-P 2019.

“Apa yang akan dibahas nanti setiap sen-nya bermanfaat untuk rakyat dan daerah,” kata Angouw. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com