Pemudik dari Pelabuhan Manado naik 12,9 persen

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Pelabuhan Manado. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)



MANADO, ZONAUTARA.com – Jumlah penumpang yang tercatat meninggalkan Pelabuhan Manado hingga Minggu (2/6/2019) sebanyak 16.671 orang. Jumlah itu naik 12,9 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (H-15 hingga H-3 Lebaran).

Pada periode yang sama tahun lalu, penumpang yang diberangkatkan sebanyak 14.758 orang.

Ada sebanyak 67 kapal motor yang memberangkatkan penumpang arus mudik dari Pelabuhan Manado menuju ke berbagai tujuan di Nusa Utara dan Maluku Utara. Sebanyak tiga kapal dicadangkan.

“Jumlah penumpang setiap hari tidak selalu naik, cenderung fluktuatif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Lebaran di Manado kan tidak dirayakan sebesar Natal dan Tahun Baru,” kata kepala seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, Majumi Maumaja, Senin (3/6) dikutip dari Kompas.id.

Menurut Majumi, puncak arus mudik telah berlalu, pada Jumat (31/5) bertepatan dengan dimulainya libur panjang terutama bagi anak sekolah. Pada hari itu tercatat ada 2.151 penumpang kapal.

Majumi meyakinkan bahwa pihak KSOP Manado telah memastikan semua kapal yang diberangkatkan laik beroperasi.

Destinasi mudik yang paling banyak dituju masyarakat dari Manado, adalah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Setiap hari, ada dua sampai tiga kapal yang berangkat menuju Tahuna di Kepulauan Sangihe seperti Kapal Motor (KM) Metro Teratai, KM Mercy Teratai, dan KM Barcelona 1.
Beberapa kapal seperti KM Saint Mary juga berhenti di Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kapal menuju Kabupaten Sitaro juga berlayar setiap hari. Tersedia tujuh kapal dari berbagai perusahaan pelayaran yang melayani jalur ini.
Adapun dua kapal melayani perjalanan menuju Kabupaten Kepulauan Talaud setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Sementara transportasi laut menuju Ternate, Maluku Utara, via Sanana dan Jailolo dilayani lima kapal yang berlayar setiap hari kecuali Rabu dan Minggu. KM Karya Indah, misalnya, hanya berlayar ke Ternate sekali dalam seminggu, yaitu pada hari Kamis.

Sementara itu, total 12.069 penumpang dari sejumlah kabupaten kepulauan di Sulut dan Maluku Utara telah tiba di Manado sejak H-15 hingga H-3 Lebaran. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 11.596 penumpang.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
3 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com