bar-merah

Sah! Pemerintah akan blokir ponsel BM lewat IMEI

mana yang benar
Ilustrasi handphone (Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Menteri soal pemblokiran ponsel black market (BM) atau ponsel ilegal. Pemblokiran itu akan dilakukan melalui identifikasi IMEI.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik sebanyak 15 digit yang dimiliki setiap perangkat bergerak. IMEI diperlukan sebagai saat tersambung ke jaringan seluler.

Lewat peraturan pemerintah ini, ponsel yang memiliki IMEI tak terdaftar dalam database pemerintah, karena masuk lewat import ilegal atau diproduksi secara ilegal, akan diblokir oleh operator seluler.

Peraturan itu telah ditandatangani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantor Kementerian Perindustrian di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

“Saya ucapkan terima kasih kepada tiga kementerian sehingga aturannya terintegrasi. Kami bertiga melihat untuk memastikan bahwa pendapatan pemerintah tidak terganggu dari ponsel,” ujar Menkominfo Rudiantara saat memberi sambutan dalam acara penandatanganan.

Regulasi yang mengatur mekanisme pemblokiran ponsel ilegal ini sebelumnya telah melalui konsultasi publik, lewat draft yang diterbitkan oleh Kemenkominfo pada awal Agustus lalu.

Pemblokiran panggilan dari ponsel BM dengan IMEi tak terdaftar itu akan efektif berlaku mulai 18 April 2020, atau 6 bulan sejak peraturan menteri itu ditandatangani.

Namun pemblokiran dikecualikan terhadap ponsel BM yang sudah terlebih dahulu tersambung ke jaringan seluler sebelum peraturan ini berlaku.

Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Indonesia mengikuti jejak negara-negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan aturan serupa untuk melindungi industri.

“Kami tidak melarang impor sejauh memenuhi ketentuan. Kami beri persyaratan untuk mendukung pelaksanaan IMEI ini bisa berjalan baik,” ucap Enggartiasto.

Untuk mengecek apakah perangkat atau ponsel yang anda gunakan memiliki IMEI yang terdaftar dapat mengunjungi laman situs yang sudah disediakan pemerintah di Cek IMEI.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com