Connect with us

CARI TAHU

Sah! Pemerintah akan blokir ponsel BM lewat IMEI

Peraturan Menteri itu akan berlaku mulai 18 April 2020.

Bagikan !

Published

on

handphone
Ilustrasi handphone (Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Menteri soal pemblokiran ponsel black market (BM) atau ponsel ilegal. Pemblokiran itu akan dilakukan melalui identifikasi IMEI.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik sebanyak 15 digit yang dimiliki setiap perangkat bergerak. IMEI diperlukan sebagai saat tersambung ke jaringan seluler.

Lewat peraturan pemerintah ini, ponsel yang memiliki IMEI tak terdaftar dalam database pemerintah, karena masuk lewat import ilegal atau diproduksi secara ilegal, akan diblokir oleh operator seluler.

Peraturan itu telah ditandatangani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantor Kementerian Perindustrian di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

“Saya ucapkan terima kasih kepada tiga kementerian sehingga aturannya terintegrasi. Kami bertiga melihat untuk memastikan bahwa pendapatan pemerintah tidak terganggu dari ponsel,” ujar Menkominfo Rudiantara saat memberi sambutan dalam acara penandatanganan.

Regulasi yang mengatur mekanisme pemblokiran ponsel ilegal ini sebelumnya telah melalui konsultasi publik, lewat draft yang diterbitkan oleh Kemenkominfo pada awal Agustus lalu.

Pemblokiran panggilan dari ponsel BM dengan IMEi tak terdaftar itu akan efektif berlaku mulai 18 April 2020, atau 6 bulan sejak peraturan menteri itu ditandatangani.

Namun pemblokiran dikecualikan terhadap ponsel BM yang sudah terlebih dahulu tersambung ke jaringan seluler sebelum peraturan ini berlaku.

Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Indonesia mengikuti jejak negara-negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan aturan serupa untuk melindungi industri.

“Kami tidak melarang impor sejauh memenuhi ketentuan. Kami beri persyaratan untuk mendukung pelaksanaan IMEI ini bisa berjalan baik,” ucap Enggartiasto.

Untuk mengecek apakah perangkat atau ponsel yang anda gunakan memiliki IMEI yang terdaftar dapat mengunjungi laman situs yang sudah disediakan pemerintah di Cek IMEI.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

CARI TAHU

Facebook menyiapkan logo baru, begini tampilannya

Logo itu hanya berupa tulisan yang sangat sederhana.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Perusahaan raksasa media sosial, Facebook telah menyiapkan tampilan baru logonya, yang akan menggantikan logo ikonik Facebook selama ini.

Logo baru Facebook ini begitu sederhana hanya berupa tulisan “FACEBOOK” dengan huruf kapital.

Chief Marketing Officer Facebook Antonio Lucio mengatakan, rancangan logo baru itu untuk mempertegas posisi Facebook agar tidak dipandang sebagai perusahaan yang hanya punya satu platform media sosial saja,

Saat ini selain platform Facebook, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengelola juga layanan pesan instan Messenger, jejaring sosial berbagi foto Instagram, dan aplikasi pesan instan WhatsApp.

Selain itu Facebook juga memiliki perusahaan hardware Oculus, Workplace, Portal serta mengembangkan konsorsium mata uang digital Calibra.

Antonio memastikan, logo Facebook yang baru ini tidak akan menggantikan logo “f” yang sudah sangat ikonik tersebut.

Logo Facebook yang baru juga dipastikan akan muncul dalam semua layanan media sosial yang dimilikinya.

Dari situs Facebook Newsroom, logo baru Facebook itu akan mulai diterapkan beberapa minggu kedepan dalam setiap aplikasi Facebook.

“Perubahan logo ini adalah cara lebih baik untuk menyampaikan struktur kepemilikan kami, kepada pengguna dan pelaku bisnis yang menggunakan layanan kami,” kata Antonio.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com