Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot sosialisasikan hasil penelitian Gout Arthritis dan PTM

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbud) Kota Tomohon, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, mensosialisasikan hasil-hasil penelitian Gout Arthritis dan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Sosialisasi yang dibuka Wali Kota Tomohon melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V Lolowang tersebut dilaksanakan di AAB Guest House Tomohon, Senin (2/12/2019).

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Juliana D Karwur menjelaskan, dalam rangka mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat, pihaknya mendapat instruksi khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Yaitu, kata Karwur, dengan mendorong sekolah sebagai kawasan tanpa rokok dan sekolah ramah anak, meningkatkan kegiatan aktivitas fisik/olahraga di sekolah dan satuan pendidikan secara eksternal dan ekstrakurikuler, serta penyediaan sarana sanitasi sekolah, serta meningkatkan pendidikan keluarga untuk hidup sehat.

“Kegiatan kemitraan ini merupakan wujud tanggung jawab kami dalam mengedukasi masyarakat dan jajaran satuan pendidikan untuk menaruh perhatian penting dalam pola hidup sehat,” ujar Karwur.

Dia berharap, kegiatan tersebut memberi manfaat dalam usaha bersama menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Lolowang saat membacakan sambutan Wali Kota mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan Gerakan Nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Menurut dia, untuk menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

“Peran sektor pendidikan dalam mengedukasi masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting guna mengkampanyekan pola hidup sehat bagi masyarakat,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, dan meningkatkan produktivitas masyarakat menuju generasi sehat Indonesia unggul.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran pengurus LPM, para tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur SKPD, unsur Kepala Sekolah SMP, serta jajaran Dinas Kesehatan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Total sudah 2.860 kasus di Sulut, bertambah 20 kasus baru konfirmasi hari ini

Setiap hari ada kasus baru konfirmasi positif di Sulut.

Bagikan !

Published

on

tabung periksa covid-19
Ilustrasi dari Pixabay.com

MANADO, ZONAUTARA.COM – Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan kembali merilis data terbaru perkembangan epidemiologis covid-19.

Dalam data terakhir tersebut, disebutkan bahwa hari ini, Sabtu (8/8/2020) total kasus positif terkonfirmasi covid-19 di Indonesia secara akumulatif telah mencapai 123.503 kasus, dimana hari ini ada 2.277 kasus baru terkonfirmasi.

Update data itu juga tertera kasus baru konfirmasi positif covid-19 di Sulawesi Utara yang bertambah sebanyak 20 kasus.

Dengan penambahan 20 kasus baru konfirmasi tersebut, maka total kasus positif di Sulut secara akumulatif sudah mencapai 2.860 kasus.

Belum ada penjelasan dari Satgas Covid-19 Sulut, tentang penambahan kasus baru tersebut secara detil.

Pada Jumat (8/8) kemarin, Sulut melaporkan ada 18 kasus baru positif yang tersebar di beberapa daerah.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com