Connect with us

ZONA DAERAH

Pendaftaran calon PPS segera dibuka, ini syaratnya

Published

on

Komisioner Divisi Sosialisasi-SDM Stenly Kowaas. (Foto: zonautara.com)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon saat ini sementara merampungkan hasil rekrutmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun begitu, dalam waktu dekat, KPU Tomohon akan segera melaksanakan tahapan perekrutan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi-SDM Stenly Kowaas mengatakan, pendaftaran calon anggota PPS akan dibuka mulai 18 Februari.

“Pendaftaran akan dibuka 18 Februari. Silahkan mendaftarkan diri bagi warga Tomohon yang ingin menjadi penyelenggara dalam Pemilihan Serentak 23 September 2020,” ujar Kowaas, Rabu (13/2/2020).

Menurut Kowaas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendaftar, di antaranya belum pernah dua kali menjadi anggota PPS, tidak pernah terlibat partai politik, serta ijazah yang dilegalisir.

“Beberapa syarat lainnya bersifat normatif seperti fotokopi KTP dan daftar riwayat hidup. Selengkapnya bisa ditanyakan langsung di kantor, atau silahkan kunjungi website resmi KPU Tomohon, yakni www.kpu-tomohon.com,” kata Kowaas.

Dia menjelaskan, jumlah PPS yang akan di setiap kelurahan berjumlah tiga orang. Jika ditotal, kata dia, akan ada sebanyak 132 orang PPS yang akan direkrut untuk bertugas di 44 kelurahan di Kota Tomohon.

Kowaas pun berharap adanya dukungan dari masyarakat untuk memantau rekam jejak dari setiap calon PPS.

“KPU Tomohon berkomitmen membentuk PPS yang berintegritas dan independen. Oleh karena itu, informasi dari seluruh elemen masyarakat Tomohon terkait rekam jejak para calon anggota PPS nanti akan sangat dibutuhkan,” pungkas Kowaas.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Sulut

Bantu cegah virus corona, UNSRAT produksi masker APD dengan printer 3D

Unsrat juga memproduksi hand sanitizer dan tong cuci tangan.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado tidak tinggal diam saat pandemi covid-19 ini. Berbagai upaya diambil oleh UNSRAT untuk turut serta mencegah penularan virus corona.

Salah satunya dengan memproduksi berbagai barang kebutuhan baik yang diperlukan oleh tenaga medis maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Gustaf Mamangkey mengatakan kepada Zonautara.com bahwa salah satu yang sedang diproduksi oleh UNSRAT adalah produk masker untuk alat pelindung diri (APD).

“Masker untuk APD ini dibuat dengan bantuan printer 3D dan diproduksi oleh Tim Fakultas Teknik,” jelas Gustaf, Jumat (3/4/2020).

Adapun material masker dibuat dari bahan kaca untuk menghindari pancaran butir ludah secara langsung.

Selain masker untuk APD, Fakultas Teknik juga memproduksi tong cuci tangan dengan memperhitungkan kontaminasi pengguna.

Masker untuk APD yang diproduksi oleh Fakultas Teknik UNSRAT.

“Jadi tong cuci tangan itu kerannya dioperasikan dengan kaki, sehingga tak ada kontaminasi dengan tangan pengguna,” jelas Gustaf.

Tak mau ketinggalan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juga memproduksi hand sanitizer.

Sementara itu Fakultas Kesehatan Masyarakat telah membentuk tim konsultasi online sekitar pandemik covid-19.

“Masyarakat luas dapat menghubungi nomor telepon yang ada, untuk berkonsultasi dengan tim UNSRAT,” kata Gustaf.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com