bar-merah

Mulai ‘kuliti’ LKPD, BPK puji capaian Pemkot Tomohon

TOMOHON, ZONAUTARA.comBadan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) resmi masuk di Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Masuknya para auditor tersebut ditandai dengan kegiatan Entry Briefing yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Jumat (14/2/2020).

Diketahui, tim pemeriksa BPK akan melakukan pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tomohon tahun anggaran 2019.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman yang didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold Lolowang dalam kesempatan itu mengatakan, dalam rangka pemeriksaan LKPD, para Perangkat Daerah harus selalu siap dan bahkan proaktif dalam mempersiapkan permintaan dokumen oleh tim pemeriksa.

Menurut dia, jika ditemui kendala agar segera dikoordinasikan dan secepatnya diselesaikan.

“Saya akan terus memonitor sampai dengan berakhirnya pemeriksaan,” ujar Eman.

Eman menuturkan, pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon patut berbangga karena telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI 6 kali berturut-turut.

“Tentu ini merupakan capaian yang patut kita banggakan. Namun itu semua terwujud tidak lepas dari perbaikan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan daerah yang terlaksana sesuai dengan rekomendasi BPK,” jelas Eman.

Dia berharap, pemeriksaan ini akan berjalan dengan baik, sesuai yang diharapkan, serta berharap penyerahan LKPD dapat terlaksana sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Kiranya kita sekalian senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan tetap berdasarkan pada koridor aturan yang ada,” pungkas Eman.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi dalam kesempatan itu memuji Pemkot Tomohon atas capain opini WTP 6 kali berturut-turut.

“Hal ini merupakan prestasi yang baik,” ujar Karyadi.

Dia menjelaskan, tujuan dari pemeriksaan interim atas LKPD, yakni pemantauan tindak lanjut, penilaian efektifitas SPI.

“Serta, penilaian kepatuhan atas peraturan perundang-undangan dan pengujian substansi terbatas pada transaksi/saldo akun-akun tertentu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Tomohon Gerardus Mogi dan jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com