bar-merah

Spotify menghapus lagu-lagu dari Kakao M, jadi trending di Twitter

spotify
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Ribuan lagu-lagu dari Kakao M dihapus dari daftar Spotify. Tindakan itu membuat keywordspotify” dan “kakao m” menjadi trending di Twitter hari ini.

Hingga Senin (1/3/2021) kata kunci “Spotify” sudah d-tweet hingga lebih dari 2,21 juta kali dan menjadi trending topic.

Sementara Kakao M telah populer hingga 720 ribu tweet dan masuk ke trending nomor 14 di Indonesia.

Spotify merupakan platform streaming musik yang populer. Pengguna bisa mendengar koleksi musiknya secara gratis maupun dengan mode berbayar tanpa iklan.

Sementara Kakao M merupakan distributor ribuan lagu K-pop.

Tindakan Spotify menghapus lagu-lagu dari Kakao M itu karena perjanjian lisensi yang berlaku satu setengah tahun telah berakhir.

Beberapa lagu yang didistribusikan Kakao M termasuk lagu dari IU, MONSTA X, SEVENTEEN, LOONA, MAMAMOO, THE BOYZ, GFRIEND, (G) I-DLE, ASTRO, dan banyak lagi.

Juru bicara Spotify telah mengkonfirmasi bahwa mulai 1 Maret 2021, katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pendengar Spotify di seluruh dunia.

“Kami telah bekerja sama dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia untuk lebih dari 345 juta pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia,” jelas Spotify, dikutip dari Suara.com

“Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan untuk artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia,” tambahnya.

Pihak Spotify sendiri berharap gangguan ini bersifat sementara. Mereka berkomitmen untuk kembali bekerja sama dengan Kakao M untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea secara keseluruhan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com