Merasa “cukup” dengan diri sendiri

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com — Pernahkan anda berpikir berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk berpikir apa yang teman anda punya atau capai daripada apa yang anda miliki? Banyak orang yang lebih memikirkan tentang apa yang orang lain capai daripada apa yang bisa ia lakukan. Hal ini akan membuat orang selalu merasa kurang atas hidupnya.

Pada setiap perjalanan anda, menjadi siswa, menjadi pekerja, dan lain-lain, anda tentu akan menemui banyak orang sepaket dengan pencapaian-pencapainnya. Mungkin di suatu waktu anda akan bertanya mengapa mereka bisa mendapatkannya sedangkan anda tidak? Mengapa mereka bisa mudah melakukannya sedangkan anda tidak?

Merasa “kurang” dalam hidup memang diperkenankan, rasa kurang itulah yang akan membuat kita termotivasi untuk melakukan hal-hal lain yang lebih baik. Termotivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Namun, jika rasa kurang anda hanya akan membuat anda iri, dengki, sampai merasa berkecil hati, anda perlu berhenti sejenak dan mengambil napas panjang. Tak akan ada habisnya ketika kita membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Lebih baik merasa “cukup”, namun tetap mengusahakan diri untuk mencapai tujuan seoptimal mungkin.

Baca Pula:  3 kunci utama agar menjadi seorang yang memiliki self-awareness

Berikut ini merupakan cara-cara sederhana agar anda merasa “cukup” dan penuh syukur dengan apa yang anda miliki sekarang.

1. Bukan membandingkan, namun mengungkapkan kekaguman dan sumber motivasi

Ketika anda berhubungan dengan lebih banyak orang lagi, dengan latar belakang yang berbeda-beda dan capaian yang berbeda-beda pula, anda pun akan selalu menemukan orang yang lebih dari anda. Membanding-bandingkan capaian anda dengannya tak bisa dihindari.

Namun, anda bisa mengolahnya dengan mengubah pemikiran anda terhadap hal tersebut. jadikan kesuksesan orang lain sebagai rasa kagum pada orang tersebut, yang akhirnya anda akan berusaha mengikuti jejaknya dengan cara dan target anda sendiri.

2. Buat buku harian penuh rasa syukur

Terkadang dalam satu hari, kita telah melakukan dan mencapai berbagai macam hal. Namun, di akhir hari, kita hanya beristirahat dengan rasa lelah.

Baca Pula:  Tetap optimis meski dunia sedang menjungkirbalikkan hidupmu

Mulai sekarang, cobalah menulis buku harian yang berisi rasa syukur tentang hidup anda dalam satu hari. Anda akan lebih memaknai apa yang anda lakukan dan menuliskannya dengan hati yang riang.

3. Buat daftar capaian anda

Salah satu cara bersyukur adalah dengan mengapresiasi capaian-capaian kecil yang anda lakukan. Buat daftar capaian anda dalam satu hari atau dalam satu bulan. Dengan begitu, anda akan menyadari bahwa anda telah melakukan banyak hal yang patut untuk dibanggakan.

4. Tanamkan bahwa anda sudah cukup baik dan mau belajar agar lebih baik

Tanamkan pada pikiran anda bahwa usaha optimal yang anda lakukan beserta hasilnya sudah cukup baik. Anda telah mengerahkan segala tenaga dengan optimal.

Anda sudah cukup baik untuk mengusahakan berbagai hal yang bisa anda usahakan. Jika pun hasilnya kurang memuaskan, tetaplah merasa “cukup” namun anda bisa mengusahakan lebih keras lagi nantinya.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com