ZONAUTARA.com Hidup sehat memang selalu menjadi dambaan banyak orang. Dengan pola hidup yang teratur, kesehatan akan semakin terjaga sehingga akan jauh dari penyakit.

Akan tetapi, banyak orang yang sulit untuk menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor seperti kurangnya waktu untuk sekedar melakukan jogging di pagi hari.

Rasa malas yang melanda juga menjadikan salah satu faktor penghambat dalam upaya untuk memulai gaya hidup makan sehat.

Adanya aplikasi pesan antar yang memudahkan orang untuk memesan makanan favorit yang tidak sehat juga menjadi pemicu terbesar dalam gagalnya hidup sehat.

Ada banyak upaya yang harus dilakukan untuk memulainya, salah satunya dengan niat yang tidak goyah.

Banyak orang yang bilang bahwa untuk memulai gaya hidup makan sehat itu mahal, padahal banyak cara mudah dan murah yang bisa dijadikan referensi.

Apakah kamu bertanya-tanya bagaimana cara untuk memulai gaya hidup makan yang sehat? Intip beberapa tips yang telah kami rangkum di bawah ini. Berikut penjelasannya.

1. Cari motivasi

Dimulainya pola hidup sehat dengan memakan makanan yang bergizi yang menyehatkan tentu harus memiliki pemicu. Hal ini dapat membuat motivasi tersendiri bagi kamu yang ingin terus makan makanan yang sehat.

Adanya motivasi ini juga dapat memudahkanmu untuk tidak tergiur dengan makanan cepat saji atau gorengan yang banyak tersaji di pinggir jalan maupun pesan antar.

Kamu dapat mencari motivasi untuk memulai gaya hidup makan sehat melalui banyak hal, mulai dari influencer, artis kesukaan, atau bahkan orang-orang terdekat di keluargamu.

Naiknya berat badan atau tubuh mudah lelah juga bisa dijadikan motivasi agar kamu perlu berhenti memakan makanan yang tidak sehat.

Kamu harus menjadikan motivasi tersebut selalu ada agar gaya hidup makan sehat tidak hanya menjadi sebuah keinginan.

2. Mulai makan sayur dan buah setiap hari

Banyak orang berpikir bahwa memasak sayur sangat merepotkan. Terutama bagi orang yang memiliki jadwal kerja yang sibuk sehingga tidak sempat memasak.

Hal ini tentu akan menggagalkan rencana untuk hidup sehat yang telah kamu rancang karena sayur sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Meskipun terkesan ribet, mulailah untuk memakan sayur setiap hari.

Buah juga tidak kalah penting untuk menjaga pola makan yang baik dan sehat. Buah memberikanmu berbagai vitamin dan tentunya membuat imun tubuhmu lebih kuat sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

Kamu dapat membeli buah yang dapat dimakan langsung tanpa perlu mengupasnya terlebih dahulu seperti anggur. Selain itu, kamu dapat memasak sayur dengan mudah hanya dengan merebusnya atau membeli salad di supermarket. Jadi, pastikan untuk memakan sayur dan buah, ya!

3. Batasi makanan kemasan

Menyediakan stok makanan kemasan saat berbelanja tentu akan membuatmu merasa sayang jika tidak dihabiskan. Selain itu, menyediakan persediaan makanan kemasan juga akan membuatmu berpikir untuk selalu memakannya.

Untuk itu, batasi pembelian makanan kemasan seperti mi instan, bubur instan, atau makanan kemasan yang tidak sehat lainnya.

Makanan kemasan secara tidak langsung akan membuatmu ketagihan dan menjadi selalu ingin membelinya. Untuk itu, batasi makanan kemasan dan mulailah untuk beralih membeli makanan yang jauh lebih sehat seperti sayur dan buah.

Selalu ingat untuk mencatat bahan makanan apa saja yang perlu dibeli saat berbelanja bulanan. Hal ini untuk mencegahmu membeli terlalu banyak makanan kemasan.

4. Tidak meminum terlalu banyak kopi

Kopi menjadi sebuah keharusan bagi kamu yang ingin menyelesaikan pekerjaan atau tugas pada malam hari. Selain menjadi teman dalam bekerja, kopi juga akan membuatmu terjaga sehingga tidak mudah mengantuk.

Akan tetapi, jika kamu ingin memulai pola hidup makan sehat, kurangilah konsumsi kopi untuk kesehatan jantung dan tubuhmu.

Meminum terlalu banyak kopi tentu tidak bagus bagi tubuh, salah satunya dapat membuat tubuhmu dehidrasi karena kopi dapat mempercepat keluarnya cairan melalui urine.

Untuk itu, kurangilah konsumsi kopi dan jika kamu sangat membutuhkannya, minumlah hanya sekitar satu atau dua cangkir saja. Kopi hitam yang pahit juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi kebiasaan minum kopi yang terlalu banyak gula.

5. Perbanyak minum air putih

Sumber: Andrea Piacquadio – canva.com

Terlalu sering minum-minuman yang banyak gula tentu dapat membuat kesehatan tubuhmu menurun. Ada banyak dampak yang bisa didapatkan jika terlalu banyak mengonsumsi gula, salah satunya adalah terserang diabetes.

Jika kamu tidak mau hal itu terjadi, kurangilah minum minuman yang terlalu banyak gula dan menggantinya dengan memperbanyak minum air putih.

Selain baik untuk kesehatan, air putih juga dapat menghindarimu dari dehidrasi. Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, akan tetapi minumlah paling sedikit delapan gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Jadi, sayangilah tubuhmu dengan memperbanyak minum air putih.

Gaya hidup makan sehat adalah salah satu tantangan yang harus bisa diatasi oleh banyak orang. Kesehatan tubuh adalah sebuah investasi bagi kita semua di hari tua sehingga menjaga pola makan adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan setiap hari.

Itulah lima tips gaya hidup makan sehat yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id