Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Ekonomi dan Bisnis

Air Asia Bakal Buka Kembali Rute Manado-Kuala Lumpur

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Jalur penerbangan dari Manado menuju luar negeri satu per satu mulai terbuka. Kali ini, rute penerbangan yang bakal dibuka kembali oleh Maskapai Penerbangan Air Asia, yakni Manado-Kuala Lumpur, setelah sempat terhenti pada 2009 lalu.

Rencana tersebut diungkapkan Tim Survei Air Asia Group saat berdialog dengan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Sulut Daniel Mewengkang, Kepala Imigrasi Klas I Manado Friece Sumolang dan Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel.

“Sulawesi Utara mengalami kemajuan pesat pembangunannya khususnya di sektor pariwisata,” kata Jack Jefferson, Head Commercial Operation Executive Air Asia Group selaku pimpinan tim survei dalam dialog tersebut.

Jefferson saat melakukan survei selama tiga hari di Manado pun tak sendiri, melainkan didampingi Tim Air Asia Indonesia dan Tim Air Asia Kuala Lumpur.

“Sulut sungguh istimewa karena telah menjelma menjadi pasar wisata potensial di Asean. Itu sebabnya dalam survei kami ini, terdapat dua tim maskapai. Yaitu, Tim Maskapai Air Asia Indonesia dan Tim Malaysia,” jelasnya.

Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang menyambut baik kunjungan tersebut. Karena, kehadiran Air Asia akan semakin menunjang kemajuan pariwisata Sulut.

Kepala Imigrasi Friece Sumolang menyatakan, Imigrasi mendukung penuh pariwisata Sulut yang dimotori Gubernur Olly Dondokambey.

“Silakan Air Asia membuka rute Manado ke Kuala Lumpur ini. Kami suport penuh,” kata Sumolang.

Airin Santry Zoraya selaku Comercial Operation Executive Indonesia Air Asia berharap, hasil survei membuka rute Manado ke KL melalui Kota Kinibalu ini bisa terwujud.

“Awal tahun depan kami berharap bisa terlaksana,” katanya.

Sementara, Dino Gobel mengatakan, besar harapan Malaysia Air Asia bisa segera beroperasi di Manado,

“Ini momentum tepat berinvestasi di Sulut di sektor pariwisata. Sebab, kepemimpinan Pak Gubernur Olly Dondokambey sangat komit menyukseskan setiap investasi yang masuk ke Sulut, termasuk Air Asia,” ujar Gobel.

 

Editor : Christo Senduk

Ekonomi dan Bisnis

Ingin belajar bangun Startup?, wajib ikut event ini

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Indonesia telah memiliki empat perintis unicorn startup, yang terus dilirik investor asing. Unicorn adalah istilah yang disematkan bagi perusahaan rintisan dengan valuasi diatas USD 1 miliar.

Dengan bonus demografi yang sangat besar, iklim startup Indonesia terus tumbuh signifikan. Saban saat berbagai perusahaan rintisan dan aplikasi startup bermunculan.

“Kota Manado sudah sepantasnya mengambil bagian dalam momentum ini dengan menumbuhkembangkan minat masyarakat dalam membentuk startup baru,” ujar Patrice Sagay yang mengawangi Sarang Inovasi.

Sarang Inovasi yang mengelola coworking space di Manado akan menggelar event Startup Weekend pada tanggal 24-26 Mei 2019 di Sarang Inovasi Coworking Space, Hotel Grand Puri. Event ini sangat penting bagi siapa saja yang sedang berkeinginan membangun startup.

Startup Weekend sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Techstar yang merupakan organisasi seed accelerator. Program ini bertujuan menggerakkan masyarakat lokal di masing-masing negara untuk membentuk ekosistem startup.

Peserta Startup Weekend ditantang memaparkan ide startupnya. Ide terbaik akan dipilih oleh peserta lain sehingga akan terbentuk tim dengan lintas keahlian, yang kemudian akan bekerja dengan bimbingan mentor yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Tim yang terbentuk itu kemudian akan membuat produk startup yang dipresentasikan di hadapan juri.

Manado merupakan satu dari enam kota yang akan menggelar Startup Weekend, yang total jam pertemuannya berlangsung selama 54 jam.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memacu keinginan dari masyarakat Manado untuk berinovasi dan turut serta dalam membangun ekosistem startup, sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia lokal dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Patrice.

Patrice menambahkan, peserta terbuka untuk umum baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja lepas maupun pegawai kantor.

Untuk pendaftaran bisa langsung dilink ini: http://bit.ly/SWmanado1 atau kontak organizer di nomor layanan 089699456007 (Enca). Informasi lain yang berhubungan dengan kegiatan ini dapat juga diikuti di akun Instagram @startupweekend_manado dan FB Page Startup Weekend Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending