Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

Air Asia Bakal Buka Kembali Rute Manado-Kuala Lumpur

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com Jalur penerbangan dari Manado menuju luar negeri satu per satu mulai terbuka. Kali ini, rute penerbangan yang bakal dibuka kembali oleh Maskapai Penerbangan Air Asia, yakni Manado-Kuala Lumpur, setelah sempat terhenti pada 2009 lalu.

Rencana tersebut diungkapkan Tim Survei Air Asia Group saat berdialog dengan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Sulut Daniel Mewengkang, Kepala Imigrasi Klas I Manado Friece Sumolang dan Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel.

“Sulawesi Utara mengalami kemajuan pesat pembangunannya khususnya di sektor pariwisata,” kata Jack Jefferson, Head Commercial Operation Executive Air Asia Group selaku pimpinan tim survei dalam dialog tersebut.

Jefferson saat melakukan survei selama tiga hari di Manado pun tak sendiri, melainkan didampingi Tim Air Asia Indonesia dan Tim Air Asia Kuala Lumpur.

“Sulut sungguh istimewa karena telah menjelma menjadi pasar wisata potensial di Asean. Itu sebabnya dalam survei kami ini, terdapat dua tim maskapai. Yaitu, Tim Maskapai Air Asia Indonesia dan Tim Malaysia,” jelasnya.

Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang menyambut baik kunjungan tersebut. Karena, kehadiran Air Asia akan semakin menunjang kemajuan pariwisata Sulut.

Kepala Imigrasi Friece Sumolang menyatakan, Imigrasi mendukung penuh pariwisata Sulut yang dimotori Gubernur Olly Dondokambey.

“Silakan Air Asia membuka rute Manado ke Kuala Lumpur ini. Kami suport penuh,” kata Sumolang.

Airin Santry Zoraya selaku Comercial Operation Executive Indonesia Air Asia berharap, hasil survei membuka rute Manado ke KL melalui Kota Kinibalu ini bisa terwujud.

“Awal tahun depan kami berharap bisa terlaksana,” katanya.

Sementara, Dino Gobel mengatakan, besar harapan Malaysia Air Asia bisa segera beroperasi di Manado,

“Ini momentum tepat berinvestasi di Sulut di sektor pariwisata. Sebab, kepemimpinan Pak Gubernur Olly Dondokambey sangat komit menyukseskan setiap investasi yang masuk ke Sulut, termasuk Air Asia,” ujar Gobel.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Ekonomi dan Bisnis

Kembali dibuka pendaftaran Kartu Pra Kerja

Pedaftaran akan ditutup pada Kamis 23 April.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.COM – Setelah gelombang pertama selesai, Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang kedua. Para pendaftar sudah bisa mengakses link pendaftaran hari ini, Senin (20/4/2020).

Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan akan ditutup pada Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB.

“Gelombang kedua ini dibuka sejak Senin 20 April pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis.

Serupa dengan pada gelombang I, seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui laman https://www.prakerja.go.id/.

Pemerintah juga tidak mengubah persyaratan pendaftaran pada gelombang II kartu prakerja.

Persyaratan tersebut meliputi, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Dalam hal ini, pemerintah akan melakukan verifikasi data calon peserta sebelum meloloskan ke tahapan berikutnya. Jika lolos verifikasi data, maka calon peserta akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar.

Bagi peserta yang berhasil melewati tes itu, maka dapat memilih pelatihan yang disediakan oleh delapan mitra platform digital.

Sebelumnya, pemerintah telah menyelesaikan pendaftaran gelombang I yang berlangsung sejak 11-16 April. Airlangga mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 5,96 juta orang.

Dari jumlah tersebut, peserta yang lolos verifikasi melalui e-mail sebanyak 4,42 juta orang. Kemudian, jumlah pendaftar yang sudah diverifikasi berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) sebanyak 3,29 juta.

Dari seluruh proses itu, pemerintah menetapkan jumlah peserta yang lolos untuk program kartu prakerja sejauh ini sebanyak 2,07 juta orang. Namun, baru 200 ribu peserta yang bisa masuk pelatihan gelombang I.

Peserta yang berhak mengikuti pelatihan gelombang I mendapatkan informasi melalui SMS. Pesan singkat dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan saat registrasi sejak Sabtu (18/4) hingga Senin (20/4).

Namun, 1,87 juta peserta lolos yang tak dinyatakan masuk dalam gelombang I tak perlu mendaftar ulang. Pemerintah akan mengirimkan link melalui e-mail untuk memilih pelatihan di gelombang 2,3, dan seterusnya sehingga tidak perlu mengikuti proses sejak awal.

| CNN Indonesia

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com