Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pemkot Tomohon siapkan LPPD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota Tomohon mempersiapkan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018. Untuk itu, selang 4-6 Maret 2019, bertempat di Grand Master Resort Tomohon dilaksanakan Rapat Koordinasi.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Sekretaris Kota Harold V Lolowang sekaligus memberikan materi tentang ‘Strategi Pemerintah Kota Tomohon dalam meningkatkan Koordinasi Pengumpulan Data LPPD Kota Tomohon’.

Sebagai narasumber, Kasubid Evaluasi Kinerja Wilayah 1 Direktorat EKPKD Ditjen Otda Kemendagri Faebuadodo Hia, Analis Kinerja Pemda Wilayah 1B Direktorat EKPKD Ditjen Otda Kemendagri Bhram Ario Adhi, Asisten Kesejahteraan Rakyat Octavianus DS Mandagi, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Kota Tomohon Klaudius Kalesaran.

Rapat Koordinasi dihadiri para Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Jajaran Pemkot Tomohon, serta pegawai yang ditugaskan menyusun data LPPD dari masing-masing Perangkat Daerah dan Bagian.

Saat membawakan sambutan wali kota, sekretaris kota mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 69 dan 70 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan LPPD kepada pemerintah selambatnya 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“LPPD digunakan sebagai bahan evaluasi dan pembinaan penyelenggara pemerintah daerah oleh pemerintah pusat dan merupakan salah satu indikator evaluasi pemerintah pusat akan jalannya roda pemerintahan yang ada baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota,” kata Lolowang.

Ditambahkannya, hasil evaluasi LPPD bisa mempengaruhi opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Diketahui, LPPD Kota Tomohon tahun 2017 yang didampaikan tahun 2018 lalu, Pemkot Tomohon berhasil meraih nilai sangat tinggi dari Kementerian  Dalam Negeri yakni 3002 atau termasuk tertinggi di 97 kota di Indonesia.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Cepat tanggap atasi aksi kriminalitas, Kapolres apresiasi URC Totosik

Published

on

Katim URC Totosik Bripka Yanny Watung saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comAksi cepat tanggap atasi kasus-kasus kriminalitas di Kota Tomohon terus diperlihatkan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik.

Satu per satu kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon pun diatasi tim yang diketuai Bripka Yanny Watung ini.

Atas capaian tersebut, Kepala Polres (Kapolres) Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait pun memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, yang diserahkan di halaman Polres Tomohon, Senin (20/5/2019).

“Terima kasih atas dedikasi, pengabdian menjaga kamtibmas, pengungkapan dan penangkapan di wilayah hukum Resor Tomohon, serta memberikan rasa aman dengan merespon cepat setiap laporan dari masyarakat,” ujar Sirait.

Atas penghargaan tersebut, URC Totosik tak lantas berbangga diri.

Ketua Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung pun berterima kasih kepada pimpinannya atas penghargaan tersebut.

Menurut Watung, penghargaan tersebut bakal membuat pihaknya lebih semangat dalam bertugas.

“Tentunya kami akan berusaha meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa nama harum Polri, khususnya Polres Tomohon,” ujar Polisi berprestasi ini.

Watung pun berterima kasih kepada warga di wilayah hukum Polres Tomohon yang terus mendukung URC Totosik dalam melaksanakan tugas.

“Penghargaan ini juga kami dapatkan atas bantuan dari masyarakat yang selalu memberikan informasi terhadap setiap kejadian yang terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, dalam menjalankan tugas yang tak kenal lelah tersebut, Watung dibantu oleh Brigpol William Batuitang, Brigpol Hendri Otay, Brigpol Maikel Mawara, Brigpol Halvey Londok, Brigpol Jim Tumurang, Briptu Billy Timuhari dan Bripda Billy Lolong.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending