bar-merah

Eman ajukan ranperda perubahan RPJMD dan LKPJ

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon mengajukan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon.

Dua ranperda yang diajukan dalam Rapat Paripurna yang digelar Jumat (22/3/2019) pekan lalu itu, yakni Ranperda tentang Perubahan Kedua Atas Perda Kota Tomohon Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021, dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun Anggaran 2018.

Ketua DPRD Miky Wenur yang didampingi Wakil Ketua Caroll Senduk dan Youddy Moningka saat memimpin rapat paripurna mengatakan, dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah, perlu ditetapkan Perda tentang perubahan tersebut.

Demikian juga, kata Wenur, untuk laporan pertanggungjawaban wali kota yang wajib disampaikan ke pihak DPRD yang merupakan representasi rakyat dan dipilih langsung oleh rakyat.

“Secara filisofis, LKPJ merupakan manifestasi kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah sebagai unsur pemerintahan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman menjelaskan, perubahan berkaitan dengan Perangkat Daerah, menjadi alasan sehingga RPJMD yang telah disusun akan dilakukan perubahan.

Eman berharap, pihak DPRD dapat menerima usulan ranperda tentang perubahan kedua atas Perda RPJMD tersebut, untuk selanjutnya dapat dibahas secara bersama-sama dan dapat ditetapkan menjadi perda.

Terkait LKPJ, lanjut Eman, diharapkan melalui mekanisme yang saling menunjang antara pemerintah daerah dan pihak DPRD, akan semakin membawa manfaat dan berkat bagi seluruh masyarakat Kota Tomohon.

“Pencapaian untuk setiap program dan kegiatan yang telah terlaksana, dimaksimalkan untuk kemajuan Kota Tomohon dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Eman.

Di sela-sela rapat paripurna tersebut, dilakukan penyerahan Ranperda dan buku laporan pertanggungjawaban Wali Kota akhir tahun anggaran.

Turut hadir dalam rapat, para anggota DPRD, serta para unsur pejabat jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com