Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot komit wujudkan kesetaraan dan keadilan gender

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah berkomitmen untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Tomohon O D S Mandagi saat membuka kegiatan pelatihan pengarusutamaan gender (PUG) melalui perencanaan penganggaran responsive gender (PPRG) bagi SDM perencana perangkat daerah Pemkot Tomohon, yang digelar di aula rumah dinas wali kota, Selasa (26/3/2019).

Dia mengatakan, kesetaraan dan keadilan gender telah diamanatkan dalam UUD 1945.

Menurut dia, kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya pendidikan dan pertahanan dan keamanan sosial (Hankamnas).

“Diharapkan ke depannya dapat menyusun PPRG dalam program dan kegiatan pembangunan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon dr Olga Karinda selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta pelatihan terhadapa PUG dan PPRG pada perangkat daerah.

“Juga untuk meningkatkan percepatan PUG melalui PPRG bagi SDM perencana perangkat daerah Pemkot Tomohon,” jelasnya.

Tampil sebagai narasumber Akademisi Unsrat En Walewangko dengan peserta dari kepala sub bagian perencanaan/kepala sub bagian yang ada di perangkat daerah Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com