Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

CEK FAKTA: Total Dana Desa sebesar Rp 257 trilliun

Published

on

zonautara.com

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Pada segmen kelima debat Pemilihan Presiden 2019 yang kelima, calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengklaim telah mengalokasikan total Rp 257 trilliun dana desa.

Data dari Kementerian Keuangan menyebutkan dana desa yang dialokasikan dalam APBN 2019 sebesar Rp 70 trilliun, naik Rp 10 trilliun dari alokasi dalam APBN 2018.

Grafik besaran alokasi dana desa sejak 2015 terus naik, dari Rp 20,8 trilliun pada 2016 naik dua kali lipat menjadi Rp 46,9 trilliun.

Pada APBN 2017 dana desa bertambah Rp 20 trilliun menjadi Rp 60 trilliun sama dengan alokasi pada APBN 2017. Sehingga total dana desa sejak 2015-2019 sebesar Rp 257 trilliun.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, pemerintah hingga tahun 2024 akan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 400 trilliun.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, target alokasi dana desa sebesar itu dimungkinkan karena ada peningkatan alokasi saban tahun.

Selama hampir empat tahun sejak dana desa disalurkan, desa-desa di Indonesia telah mampu membangun infrastruktur dasar dalam jumlah yang sangat besar.

Berbagai kebutuhan hidup dasar masyarakat desa juga terbantukan dengan adanya dana desa. Begitupun dengan kegiatan ekonomi perdesaan. Hasil terbaiknya adalah terbangunnya sarana dan prasarana penunjang aktifitas ekonomi masyarakat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019, pemerintah juga akan menyalurkan dana kelurahan yang dialokasikan sebesar Rp 3 trilliun.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

Ekonomi dan Bisnis

Operasional Garuda Indonesia dipastikan berjalan normal

Ari Askhara dipecat dari jabatan Direktur Utama karena ketahuan melakukan penyelundupan.

Bagikan !

Published

on

Pesawat Garuda Indonesia sedang berada di apron Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Operasional maskapai penerbangan plat merah Garuda Indonesia, dipastikan tetap berjalan normal, usai Direktur Utama Ari Askhara diberhentikan.

Askhara diberhentikan dari jabatannya oleh Dewan Komisaris Garuda Indonesia, usai terungkapnya kasus penyelundupan komponen motor Harley-Davidson dan sepeda mereka Bromton pada pesawat Garuda Indonesia yang baru saja dibeli dari Airbus.

Fuad Rizal kemudian ditunjuk oleh Dewan Komisaris menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia, menggantikan Askhara.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan maskapai ini tetap beroperasi dengan baik usai perombakan jajaran direksi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, operasional Garuda Indonesia tetap berjalan baik karena sudah ada penunjukan key personel yang menangani operasional penerbangan.

“Operasional penerbangan maskapai penerbangan Garuda Indonesia tidak akan terganggu, apalagi telah ditunjuk pelaksana tugas Direktur Utama sebagai penanggungjawab dalam organisasi yang mengkoordinasikan semua aspek baik manajemen, operasi, teknik, keamanan dan pelayanan,” tutur Polana dalam keterangan tertulis yang diterima pada Minggu (8/12/2019).

Polana menjelaskan, memang ada kewajiban untuk adanya accountable person yang memegang kendali penuh terhadap suatu organisasi yang berkaitan dengan fungsi operasi, teknik, keselamatan, keamanan dan pelayanan. Hal ini sesuai dengan ketentuan KM 25/2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara dan CASR 121.59.

Penunjukan Pelaksana tugas (Plt) pun dimungkinkan ketika suatu perusahaan belum memiliki direktur utama yang definitif untuk sementara. Namun, dalam tujuh hari berikutnya sudah ada pemberitahuan kepada DJPU pejabat yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas key person dan harus memenuhi seluruh persyaratan yang terkait serta dilakukan evaluasi oleh Ditjen Perhubungan Udara.

Setelah key person atau direktur utama definitif ditunjuk dalam RUPSLB oleh pemegang saham maka DJPU akan melakukan evaluasi sesuai ketentuan dalam CASR 121 dan selanjutnya akan dilakukan pembaharuan terhadap lampiran izin usaha angkutan udara serta list of key person kepada Kemenhub.

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com