CEK FAKTA: Total Dana Desa sebesar Rp 257 trilliun

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Suasana desa di Minahasa Selatan. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)



JAKARTA, ZONAUTARA.com – Pada segmen kelima debat Pemilihan Presiden 2019 yang kelima, calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengklaim telah mengalokasikan total Rp 257 trilliun dana desa.

Data dari Kementerian Keuangan menyebutkan dana desa yang dialokasikan dalam APBN 2019 sebesar Rp 70 trilliun, naik Rp 10 trilliun dari alokasi dalam APBN 2018.

Grafik besaran alokasi dana desa sejak 2015 terus naik, dari Rp 20,8 trilliun pada 2016 naik dua kali lipat menjadi Rp 46,9 trilliun.

Pada APBN 2017 dana desa bertambah Rp 20 trilliun menjadi Rp 60 trilliun sama dengan alokasi pada APBN 2017. Sehingga total dana desa sejak 2015-2019 sebesar Rp 257 trilliun.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, pemerintah hingga tahun 2024 akan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 400 trilliun.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, target alokasi dana desa sebesar itu dimungkinkan karena ada peningkatan alokasi saban tahun.

Selama hampir empat tahun sejak dana desa disalurkan, desa-desa di Indonesia telah mampu membangun infrastruktur dasar dalam jumlah yang sangat besar.

Berbagai kebutuhan hidup dasar masyarakat desa juga terbantukan dengan adanya dana desa. Begitupun dengan kegiatan ekonomi perdesaan. Hasil terbaiknya adalah terbangunnya sarana dan prasarana penunjang aktifitas ekonomi masyarakat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019, pemerintah juga akan menyalurkan dana kelurahan yang dialokasikan sebesar Rp 3 trilliun.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com