bar-merah

Uji coba di Tomohon, beli Elpiji 3 Kg gunakan E-Voucher

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kota Tomohon menjadi lokasi peluncuran penggunaan E-Voucher Elpiji 3 Kg, yang dilaksanakan di Kelurahan Paslaten Dua, Kecamatan Tomohon Timur.

Kota Tomohon pun menjadi satu-satunya di Indonesia Timur yang menjadi lokasi uji coba program tersebut.

Diketahui, dalam program ini, masyarakat selaku penerima bantuan sosial, hanya menggunakan kartu atau E-Voucher untuk membeli Elpiji 3 Kg.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon H V Lolowang dalam sambutannya mengatakan, kebanggaan bagi Kota Tomohon karena terpilih sebagai daerah uji coba yang mewakili wilayah bagian Timur Indonesia dan sebagai tempat pelaksanaan launching se-Indonesia.

“Ini berarti Tomohon mendapat kehormatan untuk mengimplementasikan kebijakan nasional dalam penyaluran subsidi LPG 3 Kg, serta penjajakan penerapan teknologi transaksi non tunai dalam penyaluran bantuan sosial bagi penerima manfaat, sehingga mampu meningkatkan efisiensi, yakni sebesar Rp60 triliun dalam kebijakan nasional,” ujarnya.

Menurut dia, lokus uji coba di Kota Tomohon mencakup dua kecamatan dengan enam kelurahan, yakni Kecamatan Tomohon Timur di Kelurahan Paslaten II, Rurukan dan Rurukan Satu. Kemudian untuk Kecamatan Tomohon Utara di Kelurahan Kayawu, Kakaskasen II dan Kalaskasen III.

“Jumlah rumah tangga penerima manfaat, yakni 896 penerima. Uji coba penyaluran bantuan sosial ini dipastikan akan sangat membantu masyarakat kurang mampu sehingga subsidi ini diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat kurang mampu yang berada di 44 kelurahan yang masih berjumlah 6690 orang,” pungkasnya.

Hadir dalam launching yang diprakarsai Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon ini Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden yang sekaligus adalah Sekretaris Exekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto.

Kepala Unit Komunikasi dan Kemitraan TNP2K Rufi Gobel, Kasubdit Minyak dan Gas Bumi Direktorat Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas Dody Vired Sinaga, Kepala Seksi Subsidi Bahan Bakar Ditjen Migas Kementerian ESDM Heru Riyanto, Kacab Bank BRI Tondano Muhamad Tasmin Tajudin, Kepala Bapelitbangda Tomohon Royke Roeroe dan jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com