Connect with us

Zona Manado

Manado terobos inflasi tertinggi di seluruh Pulau Sulawesi

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Bulan Juli 2019, inflasi di Kota Manado berhasil menerobos posisi tertinggi dibanding Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) lainnya yang ada di Pulau Sulawesi Utara. Inflasi Kota Manado tercatat sebesar 3,60 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Makassar sebesar 0,05 persen. Secara umum, kota-kota IHK di Pulau Sulawesi yang berjumlah 11 kota, tercatat semua kota mengalami inflasi pada Juni 2019.

Berdasarkan Data Resmi Statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), inflasi tahun kalender Kota Manado sebesar 4,77 persen dan inflasi year on year sebesar 5,10 persen., Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Marthedy M Tenggehi menjelaskan bahwa inflasi Kota Manado pada bulan Juni 2019 disebabkan adanya peningkatan indeks pada beberapa kelompok pengeluaran.

“Kelompok pengeluaran bahan makanan naik sebesar 13,73 persen; kelompok pengeluaran kesehatan naik sebesar 1,77 persen; kelompok pengeluaran sandang naik sebesar 0,22 persen; kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik sebesar 0,19 persen; serta kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 0,04 persen,” jelasnya.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, kata Marthedy, adalah kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,11 persen dan kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,03 persen.

“Penyumbang Inflasi terbesar di Kota Manado pada bulan Juni 2019 yaitu tomat sayur sebesar 3,4514 persen, sedangkan penyumbang Deflasi terbesar adalah cabai rawit sebesar 0,3128 persen,” kata Marthedy.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Manado

Transplantasi karang di Alung Banua pakai metode MARSS

Kegiatan yang dilakukan di perairan Bunaken itu bertujuan pemulihan ekosistem laut.

Bagikan !

Published

on

Foto: Balai Taman Nasional Bunaken

MANADO, ZONAUTARA.com – Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) mengimplementasikan metode mars accelerated coral reef restoration system (MARRS) saat melakukan transplantasi karang di perairan sekitar Dermaga Alung Banua, pulau Bunaken, Manado.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (5/10/2019) bertujuan sebagai upaya pemulihan ekosistem di perairan taman nasional tersebut.

Metode MARSS adalah pengembangan struktur koral melalui rangka laba-laba untuk mencangkok terumbu karang yang dinilai mampu mengembalikan fungsi dan struktur terumbu karang, sekaligus menyediakan dasar untuk pemulihan habitat.

Transplantasi ini ikut juga mengajak mitra seperti Pemerintah Kota Manado yang diwakili oleh Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan, dive center, masyarakat, bahkan pelajar Sekolah Dasar di Alung Banua.

Kepala BTNB, Farianna Prabandari menyambut baik antusias semua pihak yang terlibat.

“Kita berkomitmen dan mengajak para pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan karang. Kita sama-sama ketahui, karang tidak hanya menyajikan keindahan, tetapi juga sebagai habitat ikan berkembang dan memijah,” jelas Farianna.

Walikota Manado dalam sambutan yang disampaikan oleh Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan menyampaikan, Pemerintah Kota Manado sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Potensi kekayaan alam ini tidak hanya dimiliki oleh Kota Manado atau Sulawesi Utara tetapi juga Indonesia, bahkan Dunia. Menjaga dan melestarikan ekosistem Taman Nasional Bunaken bukan hanya kewajiban tetapi menjadi kebutuhan kita semua, karena sejatinya kekayaan alam ini diciptakan untuk kemaslahatan kita semua dan generasi yang akan datang.” ujar Dauhan.

Lebih lanjut Dauhan menyebut bahwa kegiatan transplantasi adalah wujud nyata kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem secara berkelanjutan, khususnya menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken, sebagai keseimbangan ekosistem laut.

“Kiranya kegiatan ini menjadi stimulan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari kehidupan kita, tutup Dauhan mengutip sambutan Walikota Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com