bar-merah

Wamena rusuh, internet diblokir lagi

Suasana di Wamena pada Senin (23/9.2019)

ZONAUTRA.com – Pemerintah kembali melakukan pemblokiran akses internet di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Tindakan itu diambil oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyusul pecahnya kerusuhan di Wamena pada Senin (23/9/2019) pagi tadi.

“Pak Menteri (Rudiantara) sudah meminta operator untuk pembatasan layanan data di Wamena dan sudah dilakukan oleh operator,” kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (23/9/2019), sebagaimana diberitakan Suara.com.

Baca juga: Wamena kembali memanas

Padahal akses internet di sana baru saja pulih seiring dengan dibukanya blokir internet di Papua pada 13 Septermber lalu. Pada 21 Agustus Kementerian Kominfo juga melakukan pembatasan layanan data.

Suasana di Wamena pada Senin (23/9.2019)

Pemerintah beralasan, pembatasan akses internet itu untuk menghambat laju penyebaran hoaks dan ujaran kebencian yang diduga telah memicu kerusuhan terbaru di wilayah tersebut siang tadi.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan pemicu kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua pada Senin (23/9/2019) diduga akibat adanya berita bohong atau hoaks.

Dedi mengatakan Direktorat Siber Bareskrim Polri tengah mendalami penyebaran hoaks pemicu kerusuhan tersebut.

Baca juga: Hoaks sengaja disebar untuk picu kerusuhan Wamena

Dedi menyebut hoaks yang memicu kerusuhan Wamena berkaitan dengan isu rasialisme. Hanya saja, Dedi tidak merinci secara detil terkait hal itu. Dia hanya mengatakan bahwa kekinian pihaknya tengah menelusuri penyebar hoaks tersebut.

“Boleh dikatakan sebaran berita hoaks yang memicu kejadian kejadian yang ada di sana, artinya sudah ditangani,” pungkas Dedi.

Beberapa orang yang tinggal di Wamena yang coba dihubungi Zonautara.com melalui jalur komunikasi WhatsApp sudah tidak bisa dihubungi. Padahal pada pagi hingga siang, komunikasi masih bisa terjalin.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com