bar-merah

99 persen kebakaran hutan dan lahan karena ulah manusia

zonautara.com
Kebakaran lahan di Riau.(Image: Humas BNPB)

ZONAUTARA.com – Dari total 328.724 hektar (ha) luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2019 ini, 99 persen di antaranya terjadi karena ulah manusia.

Demikian yang dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ketika memimpin rapat koordinasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi, Senin (23/09/2019).

“Saya mempunyai data. Penyebab Karhutla adalah 99 persen ulah manusia ada yang disengaja ada yang lalai, dan 80 persen lahan yang terbakar pada akhirnya menjadi kebun,” kata Doni.

Menurutnya, karhutla tahun 2019 ini berbeda dari karhutla tahun sebelumnya yang relatif mudah dipadamkan, karena lahan gambut masih relatif basah. Tahun ini sudah 328 ribu hektar lahan gambut yang terbakar relatif kering.

zonautara.com
Karhutla 2019.(Infografis: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Karena luasnya lahan yang terbakar itu, imbuh Kepala BNPB, masalah bencana karhutla ini tidak dapat diselesaikan oleh satu instansi saja. Butuh bantuan dari berbagai kalangan, bersinergi, dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

“Tidak perlu saling menyalahkan, mari kita bahu-membahu memadamkan api,” ujar Doni.

Ke depannya, kata Kepala BNPB, pencegahan harus dikedepankan, dan pemerintah daerah harus melibatkan masyarakat sebagai kunci pencegahan Karhutla.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com