Connect with us

ZONA DAERAH

Tomohon komit pertahankan tren pengelolaan keuangan yang baik

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Perangkat Daerah, di Best Western The Lagoon Hotel Manado, Rabu (8/1/2020).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat (10/1/2020) ini turut dihadiri Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Sofyan Antonius.

Diapun dalam kesempatan itu mengapresiasi Pemkot Tomohon atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

Di mana, kata dia, untuk percepatan proses pelayanan dan memberikan spirit kerja untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-VII secara berturut-turut.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami sebab fungsi advisor tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, bimtek itu dilakukan sebagai upaya untuk terus mempertahankan tren pengelolaan keuangan daerah yang baik.

Menurut Eman, laporan keuangan pemerintah daerah merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya sesuai dengan UU 17 tahun 2003 tentang keuangan negara

“Untuk mencapai laporan keuangan pemerintahan yang berkualitas, harus memenuhi prasyarat normatif yang diukur dari relevan, anndal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami,” tuturnya.

Eman berharap, seluruh peserta untuk mengikuti bimtek dengan serius dan mencermati materi yang dibawakan narasumber.

Dalam kesempatan itupun turut dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman(MoU) antara BPKP Kantor Perwakilian Sulawesi Utara dan Pemkot Tomohon.

Turut hadir dalam kesempatan itu Inspektur Kota Tomohon Jane Bolang, Kepala BPKPD Gerardus Mogi, serta para peserta bimtek dari seluruh perwakilan Perangkat Daerah.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Sulut

Bantu cegah virus corona, UNSRAT produksi masker APD dengan printer 3D

Unsrat juga memproduksi hand sanitizer dan tong cuci tangan.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado tidak tinggal diam saat pandemi covid-19 ini. Berbagai upaya diambil oleh UNSRAT untuk turut serta mencegah penularan virus corona.

Salah satunya dengan memproduksi berbagai barang kebutuhan baik yang diperlukan oleh tenaga medis maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Deputi Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Gustaf Mamangkey mengatakan kepada Zonautara.com bahwa salah satu yang sedang diproduksi oleh UNSRAT adalah produk masker untuk alat pelindung diri (APD).

“Masker untuk APD ini dibuat dengan bantuan printer 3D dan diproduksi oleh Tim Fakultas Teknik,” jelas Gustaf, Jumat (3/4/2020).

Adapun material masker dibuat dari bahan kaca untuk menghindari pancaran butir ludah secara langsung.

Selain masker untuk APD, Fakultas Teknik juga memproduksi tong cuci tangan dengan memperhitungkan kontaminasi pengguna.

Masker untuk APD yang diproduksi oleh Fakultas Teknik UNSRAT.

“Jadi tong cuci tangan itu kerannya dioperasikan dengan kaki, sehingga tak ada kontaminasi dengan tangan pengguna,” jelas Gustaf.

Tak mau ketinggalan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juga memproduksi hand sanitizer.

Sementara itu Fakultas Kesehatan Masyarakat telah membentuk tim konsultasi online sekitar pandemik covid-19.

“Masyarakat luas dapat menghubungi nomor telepon yang ada, untuk berkonsultasi dengan tim UNSRAT,” kata Gustaf.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com