ZONAUTARA.COM Waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi banyak orang. Meski kebanyakan orang memahami pentingnya waktu, namun tak semuanya bisa memanfaatkan waktunya dengan efektif dan optimal.

Banyak sekali manfaat ketika anda bisa menggunakan waktu dengan baik. Di antaranya, anda akan lebih produktif, anda akan semakin memaknai apa yang anda lakukan, dan anda semakin menghargai waktu yang anda habiskan. Untuk itu, perlu kemampuan manajemen waktu yang baik. Berikut tipsnya.

1. Buat jadwal harian dan mingguan

Jadwal harian anda sangat penting untuk menentukan apa yang anda lakukan sampai akhir hari. Ketika anda sudah memiliki daftar pekerjaan untuk hari ini, maka waktu yang anda habiskan bisa optimal dengan hasil sesuai yang anda harapkan.

Memiliki jadwal harian atau mingguan tak hanya pada hal-hal yang sifatnya wajib, atau hanya tentang pekerjaan anda. Anda juga bisa menjadwalkan kapan harus bersantai, menonton film, beristirahat dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu, waktu yang anda habiskan akan optimal untuk hidup anda dan seimbang.

2. Buat prioritas pekerjaan

Ada beberapa macam pekerjaan yang anda lakukan. Ada yang harus segera diselesaikan, ada yang bisa ditunda, ada pula yang tak perlu diselesaikan. Identifikasi macam-macam hal tersebut dan buatlah susunan prioritas pekerjaan.

Anda bisa melakukan pekerjaan dari yang sifatnya wajib, hingga yang tidak wajib. Dengan begitu, anda bisa bersantai di akhir hari ketika semuanya sudah diselesaikan dengan baik.

3. Jangan multitasking

Siapa bilang multitasking bisa membuat anda cepat menyelesaikan pekerjaan? Identifikasi apakah yang selama ini anda lakukan adalah multitasking atau malah switching dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain?

Kemampuan multitasking hanya dapat dilakukan oleh sangat sedikit orang di dunia. Sisanya, mereka melakukan switching. Lebih baik, selesaikan satu pekerjaan dan fokus, kemudian beralih ke pekerjaan yang lainnya, jika tidak mendesak keduanya.

4. Lakukan kerja sama dan bagi tugas

Tentu tak semua pekerjaan anda adalah tugas anda sendiri bukan? Jika ada jenis pekerjaan yang bisa anda bagi ke rekan kerja, atau tugas kelompok yang perlu pertisipasi banyak orang, maka bagilah tugas tersebut.

Jangan semuanya anda ambil alih. Memiliki kemampuan untuk membagi tugas juga penting untuk manajemen waktu anda.

5. Istirahat, jangan sampai anda stress

Manajemen waktu tak melulu soal bekerja, istirahat juga merupakan hal yang penting dalam mengisi waktu anda. Tidur cukup, makan makanan yang sehat, dan lakukan olahraga harian, untuk menunjang kesehatan tubuh anda supaya fit dan waktu anda termanfaatkan dengan optimal.

6. Di akhir hari, evaluasi penggunaan waktumu

Jika di pagi hari anda membuat daftar pekerjaan, maka di akhir hari anda bisa mengevaluasi daftar tersebut, apakah pekerjaan yang dilakukan tepat waktu dan selesai dengan baik, atau ada jadwal yang perlu anda ubah untuk keesokan harinya.

7. Lakukan self-reward

Penting untuk memberi penghargaan pada diri anda sendiri, ketika anda sudah memanfaatkan waktu anda dengan sebaik-baiknya. Anda bisa melakukan self-reward dengan membeli hal-hal yang anda suka, atau melakukan hobi yang menyenangkan.