Connect with us

ZONA DAERAH

Dipantau CCTV, KPU Tomohon mulai sortir dan lipat surat suara

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tinggal menghitung hari. Penyelenggara Pemilu 2019, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun terus mematangkan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat pusat hingga daerah ini.

Di Kota Tomohon, KPU pun kini sudah memulai tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai sejak Senin (4/3/2019).

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pihaknya telah memulai pelaksanaan penyortiran surat suara dengan melibatkan relawan yang telah terlebih dahulu direkrut.

Menurut Lasut, sebelum dilaksanakan penyortiran dan pelipatan, pihaknya pun telah memberikan arahan kepada para relawan, terkait teknis menyortir dan melipat, serta hal-hal yang dilarang selama melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Sebelum pelaksanaan, kita merekrut relawan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Kami sudah melakukan briefing, pengarahan tentang aturan-aturan main yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari oleh para relawan-relawan tersebut. Kalaupun terjadi pelanggaran-pelanggaran, kami sudah sampaikan tindakan-tindakan apa yang harus kami lakukan,” ungkap Lasut.

Misalnya, kata Lasut, menghilangkan dan merusak surat suara yang memiliki tindakan-tindakan hukum terkait tindak pidana pemilu.

Saat ini, lanjut Lasut, pihaknya melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden.

“Dari sisi pengamanan, kami menyiapkan CCTV yang memantau langsung aktivitas di dalam tempat penyortiran. Jadi kalau ada masyarakat yang ingin melihat proses tersebut bisa dilihat melalui layar CCTV yang ada di sini. Kami juga bisa mengontrol proses penyortiran dan pelipatan surat suara melalui Handphone. Ini sangat membantu untuk pengamanan,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, pihaknya dengan disaksikan langsung oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Tomohon membuka kartun tempat disimpannya surat suara yang sebelumnya disimpan di tempat penyimpanan khusus.

Diketahui, dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini, pihak KPU Tomohon merekrut sebanyak 40 relawan.

Editor : Christo Senduk




Zona Manado

Ini 40 nama anggota DPRD Kota Manado periode 2019-2024

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado periode 2019-2024 resmi dilantik di Aula Kantor Walikota Manado, Rabu (14/08/2019). Pada Rapat Paripurna Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Manado masa jabatan 2019-2024, pelantikan tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Manado Lukman Bachmid.

Berikut ini 40 nama anggota DPRD terpilih Kota Manado masa jabatan 2019-2024 berdasarkan partai pengsung:

PDI Perjuangan
1. Altje Dondokambey (pimpinan sementara DPRD Manado)
2. Andre Gerungan
3. Hengky Kawalo
4. Jane Laluyan
5. Jemmy Gosal
6. Jean Sumilat
7. Christy Masengi
8. Zakarias Tatukude
9. Jonas Makawata
10. Rosalita Manday

Partai Demokrat
1. Royke Anter
2. Lily Walanda
3. Nortje Van Bone
4. Maikel Towoliu
5. Vanda Pinontoan
6. Franseska Kolanus

Partai Nasdem
1. Yanti Kumendong
2. Frederik Tangkau
3. Franko Wangko
4. Andrey Laikun
5. Arthur Rahasia

Partai Golkar
1. Conny Rares
2. Lily Binti
3. Meikel Maringka
4. Ridwan Marlian
5. Sonny Lela

Partai Gerindra
1. Suharto Kiu
2. Benny Parasan
3. Mona Kloer
4. Nanses Rakian

PAN
1. Bambang Hermawan
2. Lucky Datau
3. Abdul Wahid Ibrahim
4. Bobby Daud

Partai Perindo
1. Revani Parasan
2. Robert Tambuwun

PKS
1. Suyanto Yusuf
2. Syarifudin Saafa

Partai Hanura
1. Reynold Wuisan

PSI
1. Jurani Rurubua

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com