Dipantau CCTV, KPU Tomohon mulai sortir dan lipat surat suara

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tinggal menghitung hari. Penyelenggara Pemilu 2019, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun terus mematangkan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat pusat hingga daerah ini.

Di Kota Tomohon, KPU pun kini sudah memulai tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai sejak Senin (4/3/2019).

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pihaknya telah memulai pelaksanaan penyortiran surat suara dengan melibatkan relawan yang telah terlebih dahulu direkrut.

Menurut Lasut, sebelum dilaksanakan penyortiran dan pelipatan, pihaknya pun telah memberikan arahan kepada para relawan, terkait teknis menyortir dan melipat, serta hal-hal yang dilarang selama melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

zonautara.com

“Sebelum pelaksanaan, kita merekrut relawan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Kami sudah melakukan briefing, pengarahan tentang aturan-aturan main yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari oleh para relawan-relawan tersebut. Kalaupun terjadi pelanggaran-pelanggaran, kami sudah sampaikan tindakan-tindakan apa yang harus kami lakukan,” ungkap Lasut.

Misalnya, kata Lasut, menghilangkan dan merusak surat suara yang memiliki tindakan-tindakan hukum terkait tindak pidana pemilu.

Saat ini, lanjut Lasut, pihaknya melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden.

“Dari sisi pengamanan, kami menyiapkan CCTV yang memantau langsung aktivitas di dalam tempat penyortiran. Jadi kalau ada masyarakat yang ingin melihat proses tersebut bisa dilihat melalui layar CCTV yang ada di sini. Kami juga bisa mengontrol proses penyortiran dan pelipatan surat suara melalui Handphone. Ini sangat membantu untuk pengamanan,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, pihaknya dengan disaksikan langsung oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Tomohon membuka kartun tempat disimpannya surat suara yang sebelumnya disimpan di tempat penyimpanan khusus.

Diketahui, dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini, pihak KPU Tomohon merekrut sebanyak 40 relawan.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com