Connect with us

ZONA DAERAH

Bawaslu Tomohon bawa rekomendasi pelanggaran netralitas ke KASN

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Genderang perang terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, terus ditabuh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon.

Satu per satu kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN pun diusut oleh Bawaslu Tomohon.

Teranyar, satu kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN didalami oleh institusi yang dipimpin Deisy Soputan selaku Ketua dan Steffen S Linu dan Irfan Dokal sebagai Anggota.

Bawaslu pun telah membawa rekomendasi atas hasil kajian dari dugaan pelanggaran netralitas salah satu orang ASN tersebut ke Komisi ASN (KASN), Kamis (11/4/2019).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan ketika dikonfirmasi melalui Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Steffen S Linu.

“Hari ini saya ke KASN membawa rekom terkait kasus ASN yang mensosialisasikan caleg (calon anggota legislatif),” ungkap Steffen kepada Zona Utara, Kamis malam.

Menurut dia, rekomendasi dari pihaknya yang dibawa ke KASN tersebut, yakni pelanggaran perundang-undangan lainnya, yaitu Undang-Undang (UU) Netralitas ASN.

Steffen menjelaskan, berdasarkan hasil kajian pihaknya, ASN tersebut melanggar pasal-pasal  yang dilanggar pada UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Netralitas ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11.

“Selebihnya, nanti KASN yang akan memutuskan sanksinya, karena tugas Bawaslu adalah memproses dugaan pelanggaran, sementara eksekusi ada pada KASN,” jelasnya.

Dia menegaskan, untuk menilai dan membuktikan apakah pelanggaran yang dilakukan itu berat atau ringan, serta apakah ASN tersebut dipecat atau tidak, semuanya tergantung KASN yang memiliki wewenang.

“Kami hanya meneruskan pelanggaran netralitas ASN melalui Form B14 tentang Penerusan Pelanggaran Perundang-undangan Lainnya,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman resmikan lokasi wisata baru Lokon View

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon kaya akan potensi pariwisata. Satu per satu lokasi wisata bermunculan dan menjual potensi wisata alam di Kota Sejuk ini.

Teranyar, lokasi wisata baru yang hadir di Kota Bunga ini, yakni Lokon View Lounge dan Swimming Pool, yang terletak di Kelurahan Woloan Satu, Kecamatan Tomohon Barat.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman pun meresmikan tempat wisata yang menjual pemandangan alam dengan latar utama Gunung Lokon ini, Sabtu (22/6/2019).

Dalam sambutannya, Eman mengatakan,
pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu leading sektor pembangunan.

Sekaligus, kata Eman, sebagai tindaklanjut kebijakan Pemerintah Pusat yang telah menetapkan Sulut sebagai salah satu daerah destinasi unggulan pariwisata di Indonesia.

“Kehadiran Lokon View merupakan kontribusi yang sangat bermakna dari pihak owners yang ikut menopang pengembangan pariwisata Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon,” ungkap Eman.

Selain itu, lanjut Eman, Lokon View juga akan memperkuat perekonomian di Kota Tomohon tercinta ini.

Eman pun mengajak segenap pihak terkait untuk terus bersama pemerintah berupaya memperkuat sektor kepariwisataan Kota Tomohon, melalui peningkatan sinergitas kerja antarlini dan antarpemangku kepentingan.

Sehingga, mampu mewujudkan impian dan harapannya menjadi salah satu destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kompetitif.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat dan sukses atas Soft Opening Lokon View Lounge And Swimming Pool,” pungkasnya.

Soft Opening tersebut pun diawali dengan Khadim Pdt Conny Motto, S.Th.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan selaku pemilik Lokon View, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo bersama istri, Asisten I ODS Mandagi, Plt Asisten III Lily Solang, Kadis Pariwisata Masna J.M Pioh dan sejumlah pejabat Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com