Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot gelar Konsultasi Publik RKU APBD 2020

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Rancangan Kebijakan Umum (RKU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon tahun 2020 segera disusun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Namun sebelumnya, pemkot melalui instansi terkait pun perlu meminta masukan masyarakat terkait penyusunan RKU APBD 2020 tersebut.

Seperti yang dilaksanakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon, yang menggelar Forum Konsultasi Publik RKU APBD 2020, di Wale Syalom Kolongan, Rabu (10/7/2019)

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten III Lily Solang dalam sambutannya mengatakan, melalui forum tersebut, ada sejumlah harapan yang ingin dicapai terkait penyusunan RKU APBD 2020 tersebut.

Pertama, kata Solang, seluruh komponen masyarakat diharapkan memberikan sumbangan pemikiran, sehingga dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah.

Di samping itu, yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antarprogram pembangunan, yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah, serta menjawab permasalahan dan kebutuhan mendesak di tahun 2020.

Kedua, diharapkan forum diharapkan ini mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menyempurnakan program-program EMAS Pemkot Tomohon di tahun 2020, yang mengambil tema ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur untuk pertumbuhan yang berdaya saing, yang selaras dengan rencana kerja pemerintah daerah.

“Saya menyampaikan penghargaan kepada para narasumber baik dari unsur Pemerintah Kota Tomohon sendiri, serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang selalu mendampingi Kota Tomohon,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Anggaran BPKPD Kota Tomohon dalam membacakan laporan kegiatan mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana penyampaian informasi dan program/kegiatan prioritas Kota Tomohon hasil analisa permasalahan dan isu strategis.

“Yang kemudian akan dituangkan dalam Kebijakan Umum Anggaran tahun 2020 Pemerintah Kota Tomohon untuk diajukan kepada DPRD Kota Tomohon,” ujarnya.

Tampi sebagai narasumber dalam kegiatan ini, yakni Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tomohon Royke Roeroe, serta Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Sulut Syaloom Korompis.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Masyarakat diajak menghemat dan jaga sumber air

Jajaran PDAM diajak meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Masyarakat bersama instansi-instansi terkait diminta untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup, termasuk sumber-sumber air.

Terutama, di musim kemarau yang saat ini masih melanda berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Kota Tomohon.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, pada kegiatan Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Kota Tomohon yang bekerja sama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR RI, yang digelar di Grand Master Resort Tomohon, Selasa (17/09/2019).

“Unsur terkait bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup. Di dalamnya sumber-sumber air,” ujar Lolowang.

Selain itu, Lolowang mengimbau masyarakat untuk menghemat pengunaan air.

Dia pun mengajak jajaran PDAM untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

“Demikian juga meningkatkan manajemen pengelolaan perusahaan, serta yang penting juga dalam hal membangun integritas,” pungkas Lolowang.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Teknis BPPSPAM Kementerian PUPR Desrah Sibarani.

Turut hadir Asisten Perekonomian Djoike Karouw, Kadis Lingkungan Hidup Novi Politon, Direktur PDAM Kota Tomohon Semuel M Gosal, Konsultan Dadang Heru, unsur Balai Wilayah Sungai Sulawesi Satu Janeny Mamoto, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Reynaldo Poli, serta unsur terkait lainnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com