Connect with us

KABAR

Longsor Tutupi Ruas Jalan Tondano-Manado

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah Sulut termasuk Kabupaten Minahasa, membuat ruas jalan Tondano-Manado tertutup akibat adanya tanah longsor, Selasa (21/11/2017) siang.

Longsoran tanah yang sempat membuat lalulintas macet total tersebut terjadi di antara Desa Suluan dan Desa Rumengkor, Kecamatan Tombulu. Pemerintah dan warga setempat yang mengetahui adanya longsor langsung berupaya melakukan pemberisihan. Meski kendaaran dianjurkan belum bisa melewati ruas jalan tersebut.

Namun hingga Selasa (21/11/2017) malam, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik belum bisa dihubungi via ponsel untuk dimintai keterangannya. Padahal sejak sehari sebelum telah dihubungi karena ruas jalan itu sudah terjadi longsor kecil di sejumlah titik. (K-03)

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Advertisement
Click to comment

Komentar

POLITIK & PEMERINTAHAN

Bolmong Raya Minta Jatah Pejabat di Kabinet OD-SK

Published

on

K-02
Anggota dewan Ritha Lamusu saat membacakan hasil reses dapilnya Bolmong Raya. (Foto: Zonautara.com/K-02)

MANADO, ZONAUTARA.com – Pada rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses III tahun 2017, yang digelar Selasa (16/1/2018) kemarin, seluruh daerah pemilihan (dapil) menyampaikan aspirasi masyarakat.

Salah satunya dapil Bolmong Raya yang meminta gubernur dan wakil gubernur, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) mengakomodir pejabat dari bumi Totabuan di kabinetnya.

“Kami titip aspirasi masyarakat agar pejabat-pejabat dari Bolmong Raya bisa diperhatikan di pemerintahan OD-SK,” ungkap anggota DPRD, Ritha Lamusu saat membacakan laporan reses dapil Bolmong Raya.

Hal ini disampaikan Lamusu, karena pada pemerintahan OD-SK pejabat-pejabat dari dapilnya sangat minim.

Gubernur saat dimintai tanggapan terkait penyampaian Lamusu mengakui bahwa saat ini pejabat dari Bolmong Raya sangat sedikit di pemerintahannya.

“Sebelumnya kami berencana mengusulkan pak Rudi Mokoginta (Assisten II bidang Perekonomian, red) untuk menjadi Sekprov (Sekretaris Provinsi), tapi akan segera masuk masa pensiun,” kata Olly.

Dia juga mengakui, saat ini pemerintah provinsi kekurangan pejabat karena sudah lama tidak menerima penambahan pegawai negeri sipil.

“Tapi ini akan dipertimbangkan karena dalam waktu dekat ada rolling pejabat,” tambah gubernur.

Seperti diketahui, pada pemerintahan Gubernur SH Sarundajang dan Wakil gubernur Djouhari Kansil pejabat yang berasal dari Bolmong Raya mendapatkan tempat sebagai Sekprov, yakni Siswa Rachmat Mokodongan. Di masa itu, ketiga pemimpin daerah ini dijuluki the golden triangle sebagai perwakilan dari tiga wilayah besar di Sulut. SHS dari Minahasa, Kansil dari Nusa Utara dan Mokodongan dari Bolmong Raya. (K-02)

 

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Continue Reading

Musibah dan Kecelakaan

Basarnas Operasi Pencarian Nelayan Hilang

Published

on

Tonny Rarung
Briefing pertama operasi pencarian korban hilang. (Foto: Zonautara.com/Tonny Rarung)

MANADO, ZONAUTARA.com – Operasi pencarian nelayan yang hanyut di antara Pulau Alungbanua dan Manado tua dilakukan Basarnas Manado di perairan Bunaken sekitar pukul 06.00 Wita, Rabu (17/1/2018).

Marthen Maliki, dilaporkan BPBD Manado hanyut pada Selasa pukul 16.15 Wita.

Pimpinan Operasi SAR, Estevanus Item mengatakan, pihak Basarnas telah berkoordinasi dengan keluarga untuk membuat titik pos pencarian di dua tempat, yaitu di Pos SAR Malalayang dan Pulau Bunaken.

“Tim SAR gabungan sudah bergerak memulai pencarian dari pos SAR Malalayang pukul 06.00 Wita,” kata Item.

Menurut dia, kronologis kejadian yaitu Selasa (16/1/2018) Pukul 16.15 Wita korban berangkat dari Pulau Alungbanua ke Pulau Manado Tua bersama menantunya yang adalah motoris perahu katinting. Di perjalanan, terjadi gelombang tinggi sehingga korban terjatuh dari perahu yang dikemudikannya.

“Titik jatuh kira-kira 100 meter dari Pulau Alungbanua. Karena takut, menantunya melanjutkan perjalanan ke Pulau Manado Tua dan melaporkan kejadian ini,”pungkasnya.

 

Peliput: Tonny Rarung

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: