Connect with us

Wisata dan Perjalanan

Yohana jadi menteri pertama hadiri Festival Budaya Lembah Baliem

FBLB sendiri merupakan festival yang sudah berusia 30 tahun

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

JAYAWIJAYA, ZONAUTARA.com – Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) yang dibuka Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Rabu (07/08/2019), berlangsung fantastis. FBLB sendiri merupakan festival yang sudah berusia 30 tahun. Pada momentumnya pada tahun 2019, FBLB dijadwalkan akan dilaksanakan 7-10 Agustus.

Menteri Yohana yang didampingi Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata, menyampaikan permohonan maaf dari Menteri Pariwisata kepada masyarakat Jayawijaya karena tidak bisa hadir.

“Salam hormat untuk seluruh masyarakat Jayawijaya. FBLB tetap eksis dalam daftar 100 top calender of event pariwisata. Untuk masuk dalam calender of event dibutuhkan penilaian yang mengacu pada kriteria 3C, yaitu Culture Creative Value, Commercial Value, dan Communication Value,” kata Menteri Yohana.

Dikatakannya, culture berarti suatu event harus memiliki nilai budaya atau kreativitas serta memberi dampak pada pelestarian atau pengembangan budaya di suatu daerah. Commercial berarti setiap event yang diselenggarakan harus mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat sekitarnya harus merasakan dampak langsung.

“Sedangkan, comitmen berarti komitmen kepala daerah yang harus menempatkan pariwisata sebagai sektor prioritas,” ujarnya.

Promosi pra-event, lanjutnya, sangat penting agar wisawatan dapat memutuskan melakukan kunjungan.

“Sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, saya titipkan perempuan-perempuan di Jayawijaya agar diberdayakan dalam event ini melalui kuliner, tari-tarian. Juga anak-anak dilibatkan untuk ditanamkan nilai-nilai budaya sebagai penerus generasi masa depan.

Baca: Festival Budaya Lembah Baliem bersolek gagah

Pada kesempatan itu, Bupati Jayawijaya John Richard Banua menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise karena menghadiri Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB).

“Selama 30 tahun kita menanti-nantikan, tidak pernah ada menteri yang mau buka kegiatan ini. Saya atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada ibu menteri karena mau hadir bersama-sama dengan kami,” kata John.

Baca juga: Festival tertua, jejak perang suku di tanah Papua

Laporan: Ronny Buol

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Wisata dan Perjalanan

Ini dia 5 restoran terpopuler di Manado

Rugilah anda jika ke Manado tidak mencicipi ikan bakar dan perkedel nike.

Bagikan !

Published

on

Foto dari Tripadvisor

ZONAUTARA.com – Aplikasi perjalanan wisata Tripadvisor membuat daftar restoran dan rumah makan yang paling populer di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Daftar itu dibuat berdasarkan ulasan pengunjungnya dan rating yang mereka berikan. Manado memang terkenal dengan makanan yang kaya bumbu dan cita rasa pedas.

Berikut lima restoran terpopuler versi Tripadvisor yang diakses pada Minggu (6/10/2019).

1.Deep Sea Tuna House Cafe and Resto

Dari Tripadvisor/Okamah

Restoran ini terletak di kawasan Mega Mas, dan tepat berada di tepi laut. Salah satu sisinya benar-benar menghadap laut, sehingga memberi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung.

Menu utamanya adalah ikan tuna bakar. Selain itu juga tersedia menu sashimi dengan daging ikan yang segar. Menu ikan tuna bumbu RW juga menjadi andalan restoran yang punya beberapa cabang ini.

2.Raja Sate Restaurant

Dari Tripadvisor/KirsD_pl

Letak restoran ini berada di jalan Boulevard yang terkenal di Manado. Raja Sate telah cukup lama hadir di Manado dengan sajian makanan laut, makanan Asia, makanan bakar, walau menu utamanya adalah sate.

Tersedia sate ayam, sapi dan kambing, dan juga ada menu sate kulit yang enak.

3.Rumah Makan Raja Oci

Dari Tri[padvisor

Sesuai namanya, menu utamanya adalah ikan oci yang dibakar. Cara membakarnya membuat menu ini sangat digemari.

Letak restoran ini berada di jalan Sudirman nomor 85, dekat dengan berbagai hotel yang ada di sepanjang jalan utama di Manado itu.

Selain ikan bakar, ada juga menu ikan woku, perkedel nike, bakwan jagung dan cah kangkung ala Manado yang enak. Jangan lewatkan juga sop ikan.

4.City Extra

Dari Tripadvisor

Rumah makan ini sudah berada di pinggiran Kota Manado, tepatnya di Kalasey, yang sudah masuk wilayah Minahasa. Ini merupakan salah satu restoran besar di Manado dengan beragam menu seafood yang mewah.

Restoran yang sering didatangi para pejabat dan pesohor ini memiliki bangunan yang cukup luas dan terletak di bibir pantai.

5.Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Dari Tripadvisor/70yennyl

Ini merupakan salah satu rumah makan legendaris di Kota Manado. Tak lengkap rasanya jika ke Manado tidak mencicipi nasi kuning yang khas. Saroja adalah tujuan terbaik untuk mencecap cita rasa bumbu nasi kuning ala Manado.

Letak rumah makan yang terkenal ini ada di jalan Diponegoro, masih seputar pusat Kota Manado. Sebut saja ke sopir atau ojek, semuanya pas kenal lokasi rumah makan ini.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com