Connect with us

ZONAPEDIA

Kilas Balik Indonesia 2019

Tanggal 10: Claudia Emmanuela Santoso menjuarai ajang pencarian bakat The Voice di Jerman. Lagu-lagu yang dinyanyikan Claudia seperti Never Enough, I Have Nothing, Listen yang dibawakan di panggung The Voice of Germany 2019 sukses menghipnotis juri dan penonton.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Sejumlah peristiwa yang terjadi di Indonesia dan seputar Indonesia selama tahun 2019, kami rangkum sebagai berikut:

Januari

  • Tanggal 4: Puncak hujan meteor Quadrantid. Dilansir dari Time and Date, sebanyak lebih dari 120 meteor per jam dapat diamati di seluruh langit Indonesia. Menurut pengamat meteor Robert Lunsford dari American Meteor Society, sebenarnya meteor Quadrantid terjadi pada rentang tanggal 22 Desember 2018 hingga 17 Januari 2019, namun puncaknya akan terjadi pada 4 Januari 2019 pada tengah malam hingga sekitar pukul 6 pagi waktu setempat. Untuk menemukannya, hujan meteor Quadrantid akan berada di atas cakrawala timur.
  • Tanggal 24: Masa penjara Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama habis. Ahok total akan mendapat remisi 3 bulan 15 hari. Kalau diperhitungkan sejak tanggal penahanannya, yakni 9 Mei 2017, maka diperkirakan bebas pada tanggal itu, Januari 2019

Februari

  • Tanggal 6: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah mengidentifikasi sebanyak 175 konten hoaks yang menyebar di internet dan media sosial selama Januari 2019. Tokoh yang paling banyak dimunculkan dalam konten hoaks adalah Presiden Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, dan Ustadz Arifin Ilham.
  • Tanggal 7: Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.
  • Tanggal 19: Peristiwa Supermoon terbesar dan paling terang menjadi fenomena langit. Bulan purnama tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada Bulan Purnama lainnya dalam setahun.
  • Tanggal 21: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Januari 2019 masih mengalami defisit. Dia mencatat, defisit APBN 2019 pada Januari sebesar Rp 45,8 triliun. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, defisit APBN pada Januari 2019 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 37,7 triliun.

Maret

  • Tanggal 10: Warga sekitar Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat dikagetkan dengan peristiwa anjloknya Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor-Jakarta. Dalam beberapa kesaksian warga, KRL yang melintas tak jauh dari pintu perlintasan sempat terlihat oleng. Menurut saksi mata, dari jauh, KRL sudah terlihat oleng dan tiba-tiba keluar jauh dan menbarak tiga tiang listrik yang ada di dekat perlintasan.
  • Tanggal 13: Keluarga korban penculikan pada peristiwa 1998 menyatakan penolakannya terhadap Calon Presiden Prabowo Subianto. Dengan memendam duka lama, mereka mengutarakan kekesalannya atas tuduhan dalang pelanggaraan HAM kepada Prabowo di peristiwa bersejarah tersebut. Mereka bahkan ramai-ramai memakai kaos hitam bertuliskan #KalahkanCapresPelanggaranHAM saat melakukan konferensi pers di Hotel Gran Cemara, Gondangdia, Jakarta Pusat.

April

Mei

Juni

  • Tanggal 1: Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono meninggal dunia, Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura. Ibu Ani wafat usai menjalani perawatan medis beberapa bulan di National University Hospital (NUH), Singapura.
  • Tanggal 1: Dimulainya musim kemarau di Indonesia.
  • Tanggal 5: Pemerintah dan Nadhlatul Ulama (NU) tetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah.
  • Tanggal 13: Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian menegaskan, investigasi Kerusuhan 22 Mei bisa rampung pada 23 Juni 2019. Investigasi tersebut dilakukan guna menelisik apakah korban tewas merupakan massa perusuh atau masyarakat biasa yang berada di sekitar lokasi. Tak hanya itu, investigasi juga dilakukan untuk mencari penyebab kematian korban.
  • Tanggal 14: Komisi Pemberantasan Korupsi telah mengantongi 60 laporan masyarakat terkait kasus penipuan dengan kedok mengaku-ngaku sebagai penyelidik dan penyidik KPK. Puluhan laporan tersebut diterima KPK sejak bulan Ramadan hingga libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
  • Tanggal 14: Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman menilai isi pokok materi permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum atau sengketa Pilpres 2019 yang dibacakan tim hukum Prabowo – Sandiaga dalam sidang di Mahkamah Konstitusi bukan terkait permasalahan hasil pemilu.
  • Tanggal 19: Sidang ketiga sengketa Pilpres 2019 digelar di Mahkamah Konstitusi. Sebanyak 15 saksi, dua ahli, dan sejumlah bukti dihadirkan tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum tersebut.

Juli

  • Tanggal 7: Telah terjadi gempa bumi tektonik pada hari Minggu tanggal 07 Juli 2019 pada pukul 22:08:42 WIB dengan magnitudo 7.0 di wilayah Laut Maluku Utara.
  • Tanggal 19: Gunung Bromo meletus. Letusan diikuti dengan keluarnya lahar dingin. Letusan terjadi setelah perayaan Hari Raya Yadnya Kasada yang digelar Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo yang telah digelar pada Rabu (17/7/2019) malam hingga Kamis (18/7/2019).
  • Tanggal 31: Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengumumkan, sejak Januari hingga 31 Juli 2019 telah terjadi bencana alam sebanyak 2.277 di Indonesia. Sebanyak 338 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Agus Wibowo mengatakan, selain 338 orang dinyatakan meninggal dunia, terdapat pula korban luka-luka yang mencapai angka 1.640 orang. Selain itu, 27 orang dinyatakan hilang, 7.000 rumah rusak, serta 2,2 juta orang mengungsi.

Agustus

September

  • Tanggal 3: Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Daryono mengatakan sepanjang Agustus 2019 terjadi 673 gempa di Indonesia dan tiga di antaranya bersifat merusak.
  • Tanggal 23: Presiden Joko Widodo mengemukakan, kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, dimulai dan berkembang dari adanya isu berita hoaks atau bohong. Ia meminta masyarakat agar setiap mendengar dan melihat di media sosial itu di-cross chek dulu. Dicek lebih dahulu.

Oktober

November

  • Tanggal 10: Claudia Emmanuela Santoso menjuarai ajang pencarian bakat The Voice di Jerman. Lagu-lagu yang dinyanyikan Claudia seperti Never Enough, I Have Nothing, Listen yang dibawakan di panggung The Voice of Germany 2019 sukses menghipnotis juri dan penonton. Alice Merton, sang mentor Claudia pada ajang The Voice of Germany 2019 kerap meneteskan air mata tiap kali menyaksikan penampilan Claudia. Sebelum kuliah di Universitas Munchen, Claudia sempat mengikuti ajang Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior (2011), Idola Cilik pada 2011, dan Mama Mia (2014).
  • Tanggal 14: Pukul 23.17.41 WIB di wilayah Maluku Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan informasi awal gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 7,4 dengan kedalaman 10 km yang kemudian direvisi menjadi bermagnitudo 7,1.
  • Tanggal 15: Badan Pusat Statistik mencatat impor cangkul asal negeri China cukup tinggi. Impor alat perkakas ini paling banyak berasal dari negara China melonjak cukup tajam. Pada periode Januari-Oktober 2019 mencapai 297.437 kg dengan nilai mencapai 106,062 ribu dolar AS. Alasan tingginya permintaan cangkul dari Negeri Tirai Bambu karena harganya sebesar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per unit. Sedangkan harga cangkul yang di jual di Indonesia bisa mencapai Rp 90 ribu per unit.
  • Tanggal 16: Aroma melati dan kayu manis merebak di Kota Manado selama sepekan. Ini sebuah anomali.

Desember

  • Tanggal 25: Perayaan Hari Natal seluruh umat Kristen di Indonesia.
  • Tanggal 26: Terjadi peristiwa penting, yaitu Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini bisa dilihat dari Indonesia.
  • Tanggal 28: Ahmad Dhani akan menghirup udara bebas. Kuasa hukum Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko, membenarkan kliennya kemungkinan besar akan menghirup udara bebas pada 28 Desember.
Bagikan !
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Berita | Kilas Balik Indonesia 2019 | PEMILU.ORG

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

3 film pertama Indonesia pertama, semuanya bisu

Film Indonesia pertama dirilis pada tahun 1926.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM– Dunia film dalam negeri beberapa tahun belakangan semakin menggeliat. Beragam genre diproduksi meramaikan layar bioskop nusantara. Beberapa di antaranya mendulang sukses besar.

Namun tahukah anda, film Indonesia apa saja yang pertama kali di produksi? Simak daftarnya.

1.Loetoeng Kasaroeng

Disutradarai orang Belanda, G. Krueger dan L. Heuveldrop, film ini dirilis pada tahun 1926 di Teater Elite and Majestic. Kendati sutradaranya orang Belanda namun pemainnya adalah orang Indonesia dan digarap oleh perusahaan film asal Bandung, Jawa NV.

Loetoeng Kasaroeng yang diproduksi saat Indonesia masih dijajah Belanda (Hindia Belanda) ini, merupakan film bisu.

2.Eulis Atjih

Ini juga film bisu yang dirilis pada tahun 1927, masih dengan sutradara yang sama G. Krueger. Karena masih bisu, saat film ini akan diputar ada live music berupa musik keroncong yang mengawali pemutarannya.

Pemain musik keroncong adalah Kajoon, seorang musisi keroncong yang terkenal pada masa itu.

3.Resia Borobudur

Film ini bercerita tentang tokoh Young Pei Fen yang menemukan sebuah buku rahasia (resia) milik ayahnya, dengan latar Candi Borobudur yang terkenal itu.

Film yang juga bisu ini diproduksi oleh Nancing Film Co, dan dibintangi aktris Olive Young. Dirilis pertama kali pada tahun 1928.

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com